Kedunguan dalam Berdebat

Kata dungu akhir-akhir ini menjadi populer sekaligus kontroversi karena sering digunakan oleh Rocky Gerung dalam tweet-tweetnya. Orang-orang yang merasa tudingan dungu ditujukan kepada dirinya tentu merasa marah, meskipun dungu di sini dimaksud dalam kemampuan bernalar, bukan dungu secara personal.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata dungu memiliki makna:

sangat tumpul otaknya; tidak cerdas; bebal; bodoh;

Sedangkan kedunguan sama dengan kebodohan atau kebebalan. Kebodohan memiliki arti sifat-sifat bodoh atau ketidaktahuan. Jadi, judul di atas ingin menyampaikan tentang sifat-sifat bodoh yang dilakukan orang ketika berdebat.

Banyak hal yang bisa dikategorikan sebagai kedunguan dalam berdebat, sebut saja menyebut data hoax. Namun pada tulisan kali ini, penulis hanya ingin menekankan satu perbuatan yang menurut penulis paling dungu di antara kedunguan lainnya.

Menyerang personal ketika kalah berdebat.

Hal ini kerap terjadi kepada orang-orang yang sudah tidak memiliki argumentasi dalam konteks perdebatan. Semua perkataannya telah dipatahkan oleh lawan debatnya, sehingga ia memutuskan untuk menyerang secara pribadi, baik fisik maupun psikis.

Biasanya, orang-orang seperti ini adalah tipikal orang yang tidak mau kalah meskipun salah.

Sebagai contoh, karena tidak memahami ucapan lawan bicaranya, ia mengalihkan pembicaraan:

“Masa wajah jelek kayak gitu bisa mimpin.”

Atau

“Pasti dia anak haram, makanya kelakuannya seperti itu.

Mungkin jenis-jenis kalimat seperti di atas jarang keluar di televisi. Akan tetapi, coba cek di media sosial. Astaga, benar-benar menyedihkan. Sedemikian dangkal pola pemikiran kita sehingga yang bisa kita lakukan hanya menyerang tanpa bisa mendebat konteks perbincangan.

Idealnya, kita menghargai lawan debat kita dan mengakui apabila argumen kita kalah dengan miliknya. Sayang, kedewasaan berdebat masih menjadi barang yang langka di negara ini. Atau, bahkan di dunia sekalipun?

 

 

Lawang, 13 April 2018, terinspirasi setelah membaca linimasa twitter milik Rocky Gerung

Sumber Foto: https://vancouverdebate.ca/

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.