Apa Itu Cinta?

Menurut KBBI, kata cinta bisa berarti 1 suka sekali; sayang benar; 2 kasih sekali; terpikat (antara laki-laki dan perempuan); 3 ingin sekali; berharap sekali; 4 kl susah hati (khawatir); risau.

Akan tetapi, penulis tidak ingin terpatok dengan kamus. Penulis ingin berusaha mengurai definisi cinta menurut pengertian penulis sendiri, baik dari pengalaman pribadi maupun orang lain.

***

Apa itu cinta?

Cinta bisa jadi sebuah anugerah, bisa juga merupakan musibah. Ia bisa datang untuk membawa kebahagiaan, namun bisa juga membawa kesedihan tak berujung.

Apa itu cinta?

Mungkin ketika kita lebih memprioritaskan kebahagiaan orang lain yang kita cintai daripada kebahagiaan kita sendiri. Kita rela berkorban demi menyenangkan yang dicinta.

Apa itu cinta?

Ketika senyum manis mengembang di bibirnya, muncul sengatan dalam diri sendiri yang seolah menunjukkan bahwa ia yang istimewa. Kata orang, dari mata turun ke hati.

Apa itu cinta?

Saat kata-kata pujian meluncur begitu saja meluncur dari mulut untuk memuja pujaannya. Tak jarang dilengkapi dengan berbagai hadiah sebagai pelengkapnya.

Apa itu cinta?

Perasaan yang membuat jantung tak henti berdegup kencang, membuat kita merasa cemas hingga tak bisa tidur semalaman. Tubuh merasa tak enak seolah ada tulang rusuk yang hilang.

Apa itu cinta?

Bayangannya selalu menemani kita di malam hari. Pikiran kita tak bisa lepas dari dirinya, baik di kala suka maupun duka, berharap hadirnya menemani sepi.

Apa itu cinta?

Tak terbatas dari hubungan dua insan yang sedang bercumbu mesra, cinta lebih dari itu. Cinta adalah sebuah energi yang mampu membuat kita menjalani hidup dengan lebih bersemangat.

Apa itu cinta?

Semoga bukan dorongan nafsu yang menyatukan dua tubuh dalam dekapan. Cinta tidak serendah itu, cinta jauh lebih bermartabat dari hal tersebut.

Apa itu cinta?

Sesuatu yang kadang membuat kita bisa melakukan hal tolol tak terkira. Kita mengabaikan logika karena tertipu oleh muslihat yang sangat lihai.

Apa itu cinta?

Sebuah penjara yang mengekang karena membuat kita tidak bisa merasa bebas? Sebuah jebakan yang akan membuat kita terperangkap selamanya?

Apa itu cinta?

Mungkinkah sesuatu yang abstrak, yang sejatinya tidak bisa diterka oleh manusia? Cinta tidak butuh dipahami atau dicari artinya karena hanya bisa dirasakan.

***

Kurang lebih seperti itulah definisi cinta yang berhasil penulis temukan ketika menulis artikel ini. Semuanya muncul begitu saja, seolah inspirasi datang menghampiri orang yang sedang tak berpasangan ini.

Cinta adalah sebuah koin yang memiliki dua sisi. Ia bisa berakibat baik ataupun buruk, tergantung kita yang mengendalikannya. Cinta bisa menjadi liar jika kita tak mampu mengendalikannya.

Pengertian cinta memang sangat multitafsir. Semua bisa membuat definisinya masing-masing. Bagi penulis, cinta tidak sebatas ke pasangan, melainkan ke semua orang yang berharga di kehidupan kita. Orangtua, sahabat, saudara, dan lain sebagainya.

Adalah kita yang berhak untuk memberikan cinta kita kepada orang lain. Kadang mungkin butuh sedikit pancingan dari luar, tapi tetap kita yang mengambil keputusan.

Kita juga berharap orang akan memberikan cintanya kepada kita. Bukankan cinta tak berbalas itu menjadi sesuatu yang sangat menyakitkan?

Semoga hidup para pembaca sekalian dipenuhi dengan cinta!

 

 

Kebayoran Lama, 20 Oktober 2019, terinspirasi setelah seseorang membuat status pertanyaan apa itu cinta

Foto: Daan Stevens