Pemanasan Menjelang Ramadhan

Sebetulnya tulisan ini diposting sebelum bulan Ramadhan, tapi karena beberapa alasan jadi harus tertunda. Sudah sewajarnya apabila kita memasuki bulan yang suci ini dengan berbagai persiapan, terutama persiapan secara rohani.

Sebelumnya, salah satu anggota Karang Taruna berbagi video yang menarik. Isinya tentang pemanasan-pemanasan yang perlu dilakukan sebelum puasa. Link-nya akan penulis share di bawah, tapi penulis juga akan berusaha mentransfer isi video tersebut ke dalam sebuah tulisan dengan analogi yang berbeda.

Karena sebentar lagi Piala Dunia, penulis akan menganalogikannya dengan sepak bola. Seorang pemain bola yang berharap dipanggil oleh Timnas, tentu membutuhkan persiapan bukan? Apalagi even sebesar Piala Dunia tentu menjadi cita-cita semua pemain bola, termasuk kapten Tsubasa.

Lalu apa yang akan ia lakukan? Tidak mungkin bukan ujug-ujug ia dipanggil oleh pelatih? Ia harus banyak berlatih agar fit dan memenuhi syarat agar dipanggil. Ia harus bermain dengan baik di klub ia bermain, lebih-lebih menghasilkan prestasi.

Latihan apa yang harus kita lakukan sebelum memasuki bulan Ramadhan? Tentu memperbanyak ibadah, seperti melaksanakan sholat shunah, menjalani puasa sunnah, menambah bacaan Al-Quran, dan lain-lain. Sehingga, ketika kita sudah masuk bulan Ramadhan, kita telah terbiasa melaksanakan ibadah-ibadah tersebut.

Bayangkan seorang Neymar yang baru saja cedera parah, tiba-tiba langsung masuk line up pertandingan pertama Brazil melawan Swiss, pasti ia tidak akan bermain sebagus biasanya bukan? Sesuatu yang dipaksakan secara tiba-tiba seringkali akan membawa hasil yang buruk.

Perbedaan antara Piala Dunia dan bulan Ramadhan adalah, Piala Dunia hanya memiliki satu tim juara, sedangkan bulan Ramadhan tidak terbatas. Semua bisa memenangkannya, asalkan dapat menjalaninya dengan baik, apalagi jika ditambah amalan-amalan yang telah rutin dilakukan sebelum Ramadhan.

Jika bingung dengan tulisan ini, mungkin video dari Yufid TV ini bisa membantu memahami apa yang ingin penulis sampaikan. Selamat menjalani ibadah puasa di bulan penuh berkah!

 

 

Jelambar, 17 Mei 2018, setelah melihat video yang di-share Daffa

Sumber Foto: https://runningmagazine.ca/must-bother-proper-warm-cool/

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.