Resolusi Tahun Baru Setiap Hari

Tahun 2019 yang telah tiba menyambut kita dengan segudang optimisme baru. Banyak di antara kita memanfaatkan momen awal tahun untuk membuat resolusi tentang apa yang hendak dicapai sepanjang tahun.

Di dalam KBBI sendiri, resolusi memiliki makna:

putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal

Sedikit berbeda dengan pengertian yang selama ini kita ketahui bukan? Hal ini bisa terjadi karena kata resolusi telah mengalami perluasan makna menjadi semacam harapan yang benar-benar ingin dicapai oleh seseorang.

Penulis sendiri sebenarnya bukan tipe orang yang suka membuat resolusi setiap tahun. Akan tetapi, penulis akan mencoba untuk membuat resolusi kali ini karena merasa tahun ini (dan tahun kemarin) akan (dan telah) menjadi tahun yang spesial untuk penulis.

Setidaknya, penulis ingin melakukan beberapa hal:

  • Tidak pernah meninggalkan sholat 5 waktu
  • Tidak berutang tulisan Whathefan lagi
  • Setiap malam tidak boleh menunda mencatat agenda harian dan transaksi keuangan
  • Bisa membaca buku minimal setengah jam satu hari
  • Mengurangi aktivitas kurang bermanfaat seperti scrolling media sosial terlalu lama
  • Dan lain sebagainya

Nah, sewaktu mencoba untuk membuat resolusi tahunan ini, penulis jadi berpikir: mengapa tidak setiap hari saja membuat resolusi?

Jadi setiap hari, penulis akan berusaha untuk memperbaiki diri dengan resolusi harian tersebut. Selain itu, resolusi setiap hari sesuai dengan sabda Nabi yang menyuruh kita untuk terus menjadi lebih baik dari hari kemarin.

Di dalam bayangan penulis, resolusi harian seperti ini memiliki beberapa kelebihan. Pertama, kita bisa langsung mengganti target apabila dirasa sudah tercapai dan kita membutuhkan target baru untuk dikejar.

Selanjutnya adalah mengukur kemampuan diri sendiri setiap hari. Kita akan tahu resolusi mana yang paling berat untuk dijalankan, sehingga kita bisa mencoba untuk melakukan eksplorasi agar resolusi tersebut bisa kita capai. Selain itu, resolusi setiap hari akan membuat kita sering melakukan interopeksi diri.

Apakah akan berhasil? Entahlah, penulis juga tidak tahu akan bertahan lama penulis bisa mempertahankan semangat ini. Yang jelas, penulis akan berusaha agar resolusi tahun baru ini bisa membuat penulis bersemangat dalam menyongsong hari sepanjang 2019 ini.

 

 

Kebayoran Lama, 1 Januari 2019, terinspirasi setelah mencoba untuk menulis resolusi tahun baru

Photo by Ian Schneider on Unsplash

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.