Ritual untuk Bangun Pagi

Tulisan ini tidak bermaksud menyindir siapapun, melainkan menyadarkan penulis sendiri yang akhir-akhir ini susah bangun pagi. Harapannya dengan menulis ide ini, penulis bisa semangat untuk istiqomah bangun pagi.

Jadi menurut penulis, ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar bangun pagi bukan menjadi hal yang susah untuk dilakukan.

  • Jangan Begadang

“Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Begadang boleh saja, kalau ada perlunya.”

Contoh Begadang (www.psychologytoday.com)

Yups, begadang adalah salah satu musuh yang membuat pola hidup kita menjadi tidak sehat. Banyak aktivitas yang memicu begadang, seperti lihat YouTube, cek Instagram, main game online hingga chatting. Hal-hal yang kurang produktif inilah yang membuat kita menjadi tidak sadar akan waktu.

Terkadang, begadang menjadi keterpaksaan. Sebagai contoh, menyelesaikan pekerjaan kantor maupun tugas sekolah. Apabila masih ada cukup waktu, lebih baik tugas-tugas tersebut dikerjakan pagi hari. Agar bisa melakukan hal tersebut, kerjakanlah tugas/pekerjaan jauh hari sebelum deadline.

Bagaimana jika insomnia? Membaca atau mengaji bisa menjadi solusi agar mata merasa lelah. Jangan memegang perangkat elektronik.

  • Sebelum Tidur, Katakan Kepada Otakmu Jam Berapa Kamu Ingin Bangun
Kuncinya Satu, Focus (www.nlppowertraining.com.au)

Percaya atau tidak, kekuatan pikiran memang menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Dengan berpikir “jam 5 pagi aku harus bangun”, kita (kemungkinan besar) akan benar-benar terbangun pada jam tersebut. Tentu, ini harus diiringi niat yang kuat, sehingga ketika bangun kita tidak akan tergoda untuk tidur lagi.

  • Nyalakan Alarm dan Letakkan Jauh dari Tempat Tidurmu
Jangan Dekat-Dekat (blog.doctoroz.com)

Apabila merasa kesusahan menerapkan tips di atas, pasanglah alarm. Letakkan alarm agak jauh dari tempat tidurmu, namun masih dalam radius di mana suaranya masih terdengar. Jangan sampai alarmnya diletakkan di rumah tetangga, bisa marah mereka.

Berjalan sedikit ketika akan mematikan alarm akan membuat kantuk kita hilang, semoga.

  • Duduk Sejenak Setelah Bangun
Menunggu Nyawa Terkumpul (chadhowsefitness.com)

Ketika terbangun, baik karena niat maupun alarm, usahakan untuk duduk sejenak di tempat tidurmu sekitar 1-2 menit. Tunggu nyawa kita berkumpul terlebih dahulu, baru beranjak dari tempat tidur.

Gerakan yang tiba-tiba ketika bangun tidur dapat membahayakan kesehatan (datanya cari sendiri).

  • Minum Segelas Air Putih Sebelum dan Sesudah Bangun
Minum Air Putih (genstick.com)

Agar ketika bangun kita merasa lebih bugar, biasakan minum segelas air putih ketika sebelum dan sesudah tidur. Hal ini dilakukan untuk menghindari dehidrasi ketika tidur.

Jangan minum kopi, nanti kamu malah tidak bisa tidur.

  • Basuh Muka dengan Air Dingin
Basuh Wajah (girlterest.com)

Begitu kesadaranmu sudah terkumpul dan air putih telah diminum, segera basuh wajah kita dengan air dingin agar setan yang menggoda kita lari. Bagi yang muslim, ambil air wudhu lalu sholat Shubuh.

Kalau perlu, mandi pagi sekalian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mandi pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh.

  • Cari Aktivitas Fisik
Cuci Mobil Pagi Hari (youtube.com)

Semua langkah-langkah di atas akan menjadi percuma jika kita kembali ke tempat tidur. Cari aktivitas yang membuat tubuh bergerak. Penulis sendiri (terkadang) memilih untuk menyapu halaman atau mencuci mobil. Selain mendapatkan hawa pagi yang segar dan menyehatkan, udara dingin di pagi hari cukup ampuh untuk menghilangkan beratnya mata yang ingin menutup kembali.

 

 

Lawang, 8 April 2018, pernah dimuat di oyibanget.com dengan judul “7 Kebiasaan yang Harus Dilakukan Agar Kamu Bangun Pagi”

Sumber Foto: pakistyles.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.