Uang Saya Lari Ke Mana Ya?

Sering pusing karena rekening tiba-tiba tinggal sedikit? Sering merasa penasaran ke mana uang kita dibelanjakan? Sering lupa siapa yang telah meminjam uang kita? Tenang, penulis punya solusinya. Ada aplikasi yang dapat membantu kita untuk mengatur keuangan.

Nama aplikasi tersebut adalah Wallet, aplikasi manajemen keuangan dari BudgetBakers.com. Wallet dapat membantu kita mencatat pemasukan dan pengeluaran secara fleksibel. Selain itu, kita juga bisa membuat rancangan anggaran agar memiliki target yang jelas dalam mengalokasikan keuangan kita.

Wallet (https://beebom.com/wallet-app-by-budgetbakers-review/)

Penulis menggunakan Wallet semenjak April 2015 hingga detik ini. Sebelumnya, penulis melakukan pencatatan manual di buku tulis. Karena dirasa kurang efisien dan memakan cukup banyak waktu, penulis mencoba aplikasi ini dan ternyata cocok sampai sekarang.

Penggunaan Wallet termasuk mudah. Kita cukup memasukkan nominal pemasukan/pengeluaran yang telah kita lakukan, lantas memberinya kategori yang sesuai. Kita juga bisa memberikan tag tertentu untuk memudahkan kita. Untuk pengeluran rutin, kita bisa membuat template tertentu sehingga memudahkan dan mempercepat kita melakukan pencatatan.

Jika ingin melakukan evaluasi terhadap keuangan kita, aplkasi ini juga menyediakan berbagai grafik yang menyimpulkan pemasukan dan pengeluaran kita. Akan terlihat pada grafik laporan dan presentase pengeluaran kategori apa yang paling banyak kita lakukan. Lebih lanjut, aplikasi ini bisa menunjukkan arus keuangan kita dengan berbagai range, mulai harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan.

Aplikasi ini juga memiliki fitur yang membuat kita bisa memiliki lebih dari satu akun. Fitur ini akan memudahkan kita apabila bertanggungjawab sebagai pemegang keuangan kelompok, misalnya bendahara Karang Taruna. Kita juga bisa memilih mau menggunakan mata uang apa.

Fitur-Fitur Wallet (http://wheniwork.co.uk/blog/uk/productivity/best-productivity-tools-for-work-2016/)

Coba tebak, kira-kira apa pengeluaran terbesar penulis? Jika menjawab untuk membeli buku, maka jawaban Anda benar sekali! Hampir tiap bulan pengeluaran terbesar penulis diperuntukkan untuk membeli buku, bahkan melebihi uang makan. Kategori ini selalu melampaui budget yang sudah penulis buat.

Sebenarnya masih banyak fitur-fitur yang disediakan oleh Wallet, namun untuk pengguna umum tidak perlu menguasai fitur-fitur lainnya. Cukup menguasai fitur-fitur dasar yang telah disebutkan penulis di atas.

Tentu aplikasi ini akan menjadi percuma apabila kita malas mencatat segala aktivitas keuangan kita. Maka dari itu, kesadaran untuk segera mencatat transaksi keuangan sebelum terlupa harus ditanamkan ke dalam diri.

Penulis kerap kali menunda-nunda mencatat pengeluaran yang sudah penulis lakukan. Alhasil, ada beberapa rupiah yang tidak jelas lari ke mana. Jika penulis menemui jalan buntu untuk mengingat hal tersebut, penulis akan memasukkannya ke kategori lain-lain dengan deskripsi LUPA.

Dengan mengetahui pengeluaran-pengeluran kita, tentu kita bisa mengatur keuangan kita lebih baik ke depannya.

 

 

Jelambar, 29 September 2018, terinspirasi dari pengalaman menggunakan aplikasi Wallet

Photo by rawpixel on Unsplash

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.