Menemukan Kenangan Lama yang Telah Hilang

Seperti biasa, ketika sedang berkunjung ke suatu daerah, penulis akan berusaha untuk menyempatkan waktu untuk berkunjung ke toko buku bekas. Pada hari Rabu kemarin, penulis menyempatkan untuk berkunjung ke Toko Buku Bekas Delawas yang terletak di Tanjung Duren, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Seperti yang tertulis pada Detail Pada Karya Don Rosa, yang penulis cari adalah Donal Bebek edisi jadul. Ketika penulis menyisir toko buku tersebut, penulis menemukan dua Donal Bebek Edisi Nostalgia yang masih dalam kondisi layak dibaca. Penulis simpan buku tersebut, dan melihat-lihat buku yang lain.

Komik Hatori Volume 3

Tempat tersebut dipenuhi dengan komik-komik, seperti Naruto dan Detective Conan yang masih sangat mulus tanpa cacat. Seandainya saja toko buku tersebut terletak di Malang, pasti sudah penulis borong.

Ketika menjelajah, penulis menemukan komik Hatori yang penulis baca sewaktu masih kecil. Penulis mencari volume 3 yang telah lama raib dari rak buku, entah ke mana. Yang penulis temukan hanya volume 1, 5, 14 dan volume-volume lain yang tidak menarik perhatian.

Karena penasaran, penulis pun membongkar-bongkar tumpukan komik tersebut, dan EUREKA! Penulis menemukan komik Hatori volume 3 dan langsung membuka halamannya untuk memastikan bahwa komik inilah yang penulis cari selama ini.

Apa yang istimewa dengan komik ini? Di dalamnya terdapat cerita bahwa keluarga Hatori pindah ke Tokyo dan bertetangga dengan Kenichi. Rumah tersebut dirombak menjadi ala rumah ninja yang penuh dengan ruang rahasia. Inilah yang membuat penulis ketika kecil berimajinasi memiliki kamar seperti Hatori, seperti menganggap atas lemari sebagai tempat rahasia.

Rumah Ninja

Jika dipikir-pikir lagi, hobi penulis mendekorasi kamar mungkin terpengaruh oleh komik ini, sadar maupun tidak sadar.

Donal Bebek Edisi Nostalgia Volume 15.

Setelah menemukan komik bersejarah tersebut, penulis bertanya kepada pemilik toko, apakah ada komik Donal Bebek Edisi Nostalgia lagi selain dua buku yang penulis temukan. Oleh pemilik toko penulis langsung diarahkan ke tempat komik tersebut berada.

Penulis harap-harap cemas, berharap menemukan dua Komik Donal Bebek Edisi Nostalgia volume 15 dan 26, yang nasibnya sama seperti komik Hatori volume 3.

Setelah penulis lihat satu per satu, penulis menemukan volume 15, EUREKA LAGI! Merinding rasanya begitu membuka lembar demi lembar komik tersebut, hingga bibir ini membentuk senyum dengan sendirinya. Kenangan indah memang dengan mudah membuat kita bahagia.

Salah satu alasan penulis menyukai edisi ini adalah adanya karya Don Rosa di sana, yang menceritakan perjuangan Paman Gober menemukan emas pertamanya di Klondike, Alaska. Beruntunglah penulis, dua komik Donal Bebek Edisi Nostalgia yang dimiliki ketika kecil memuat karya-karya Don Rosa, membuat penulis menggemari karya-karya, hingga sekarang.

Karya Don Rosa

Akhirnya, penulis membeli komik-komik tersebut. Selain komik yang telah lama hilang, penulis memborong 11 volume komik Donal Bebek Edisi Nostalgia lainnya. Total uang yang penulis keluarkan adalah Rp 55.000.

Harga komik Hatori dan Donal Bebek yang pernah hilang tersebut hanya Rp. 10.000, tapi nilai kenangannya tak akan tergantikan.

 

 

Jelambar, 12 Mei 2018, terinspirasi setelah menemukan kedua komik tersebut di Toko Buku Bekas Delawas

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.