Setelah Menonton WandaVision Episode 5 (Bagian 2)

Tidak ada rencana untuk membuat artikel-artikel Setelah Menonton WandaVision menjadi dua bagian. Hanya saja, episode 5 memang membuka banyak sekali peluang untuk teori-teori yang bisa terjadi di episode selanjunya.

Pada bagian ini, Penulis akan menjelaskan berbagai easter egg dan petunjuk mengenai bagaimana alur cerita WandaVision ke depannya.

SPOILER ALERT!!!

Tentang Agnes

Siapa Agnes Sebenarnya?

Ada beberapa poin penting yang bisa kita dapatkan dari episode kali ini. Pertama, tentang Agnes. Beberapa kali Agnes melihat keajaiban pada Billy dan Tommy dan sama sekali tidak terlihat kaget.

Apakah ini menunjukkan kalau ia sebenarnya merupakan karakter yang mempunyai kekuatan atau sekadar dikendalikan oleh Wanda? Penulis lebih condong pada pendapat yang pertama.

Episode kali ini semakin memperkuat dugaan kalau Agnes adalah Agatha Harkness. Hanya saja, apakah ia berusaha menolong Wanda atau justru menyesatkan Wanda?

Ketika bertengkar dengan Vision, Wanda mengatakan dirinya sendiri tidak tahu bagaimana semua ini bisa berawal. Apakah artinya ada orang lain yang membuat Hex? Agatha atau Mephisto mungkin?

Kalimat-kalimat yang diucapkan oleh Agnes juga mencurigakan. Contohnya adalah ketika ia mengatakan kalau kita tidak bisa mengontrol anak kecil.

Apakah itu jawaban dari pertanyaan Vision di akhir episode tentang mengapa ia tidak pernah melihat anak kecil?

Tentang Vision dan Kesadarannya

Vision Sadar Ada yang Salah

Kita akan menyaksikan bagaimana ceritanya Wanda mendapatkan “mayat” Vision dengan menerobos markas S.W.O.R.D.

Vision sudah mati lima tahun lalu di tangan Thanos. Kita melihat bagaimana tubuhnya sedang diteliti oleh para ilmuwan sebelum Wanda merebutnya.

Jika dalam waktu lima tahun tidak ada yang berhasil menghidupkan kembali Vision (bisa dimaklumi karena dunia sedang terguncang  akibat ulah Thanos), bagaimana Wanda bisa menghidupkannya kembali?

Berbeda dengan orang-orang Westview yang ia kendalikan, Vision terlihat memiliki kuasa atas tubuh dan pikirannya.

Jika Vision dikendalikan oleh Wanda sepenuhnya, tentu Vision tidak akan mencoba “membaca” pikiran Norm dan ia tidak akan bertengkar dengan Wanda.

Pernyataan “aku tidak ingat apapun sebelum sampai di Westview” menjadi petunjuk lainnya mengenai Vision. Ingatannya dihapuskan oleh Wanda agar mereka bisa memulai kehidupan ideal mereka?

Selain itu, besar kemungkinan kalau direktur S.W.O.R.D., Tyler Hayward, merencanakan sesuatu yang jahat ke tubuh Vision. Wanda yang mengetahui hal ini pun segera merebut kembali Vision.

Tentang Tyler dan Wanda Sebagai Main Villain

Apa Peranan Tyler?

Ketika dikeluarkan secara paksa oleh Wanda, Monica mengatakan bahwa ini “semua adalah perbuatannya”. Hilangnya satu kota disebabkan oleh Wanda.

Kita mencoba untuk tidak mempercayai hal ini. Pasti ada konspirasi atau plot twist yang tersimpan di akhir serial.

Akan tetapi, keluarnya Wanda dari Westview seolah berusaha meyakinkan kalau dirinya telah berubah. Ia hanya ingin hidup yang ia inginkan, walaupun dilakukan secara egois sekalipun.

Wanda tidak terlihat dikuasai oleh sesuatu. Ataukah ia hanya dihasut oleh seseorang, mungkin Agatha Harkness atau Mephisto, mungkin?

Selain Wanda, Penulis memperhatikan Tyler. Ia terlihat berusaha melakukan framing agar Wanda terlihat sebagai penjahat.

Apakah ia memiliki agenda lain yang terselubung? Atau bahkan ia yang merencanakan semua ini demi ambisinya sendiri? Siapa yang tahu!

Tentang Iklan dan Trauma Wanda

Trauma-Trauma Wanda

Berbeda dengan episode 4, kali ini WandaVision kembali memiliki iklan berupa tisu dengan merek Lagos. Masih ingat apa itu Lagos?

Itu adalah kota di mana Wanda tanpa sengaja membunuh masyarakat sipil sehingga muncul lah Sokovia Accord yang menyebabkan civil war antar para anggota Avengers.

Hal ini semakin menegaskan kalau iklan-iklan yang muncul di WandaVision memiliki keterkaitan dengan trauma yang dimiliki oleh Wanda.

Tentang Ending yang Bangsat

HOW COME???

Penulis sudah menonton bocoran kalau akan ada karakter Quicksilver di serial ini. Hanya saja, Penulis tidak menyangka kemunculannya akan secepat ini!

Apalagi, Quicksilver alias Pietro yang muncul adalah versi X-Men yang diperankan oleh Evan Peters, bukan versi MCU yang diperankan oleh Aaron Taylor-Johnson.

Wanda mengatakan kemunculannya bukan karena kemauannya. Lantas, siapakah dia? Mephisto yang menyamar? Bisa jadi.

Ada beberapa teori lain, seperti ia dimunculkan oleh anak Wanda, Doctor Strange mendatangkannya dari universe lain, dan lain sebagainya.

Penulis juga memperhatikan kata recast yang dikatakan oleh Darcy. Kalau begitu, apakah Quicksilver ini hanyalah versi Hex dan bukan datang dari universe lain?

Pertanyaan lainnya, kenapa Quicksilver versi ini yang muncul? Sekadar karena ia selalu lebih populer dari versi MCU atau ini tanda Marvel akan memasuki fase multiverse?

Yang jelas, kehadiran Evan Peters di episode kali ini berhasil membuat Penulis mengumpat. Adegan kemunculannya sudah Penulis putar ulang lebih dari 10 kali!

Penutup

Rasanya baru kali ini sebuah artikel “setelah menonton” memiliki penutup karena bagian yang biasanya dijadikan sebagai penutup sudah terlampau panjang.

Awalnya, Penulis merasa agak kecewa karena rumor minggu ini akan tayang dua episode sekaligus tidak terjadi. Tidak apa-apa, Penulis hanya bisa bersabar.

Kalau menurut Penulis, episode kali ini terasa sedikit lambat walaupun durasi serialnya memang ditambah beberapa menit.

Selain itu, entah mengapa Penulis merasa debut akting Evan di serial ini sedikit terasa awkward dan kurang natural. Dialognya juga sedikit aneh.

Minggu depan nampaknya akan mengangkat tema halloween dan untuk pertama kalinya Vision akan mencoba untuk keluar dari Westview!!!

 

 

Lawang, 7 Februari 2021, terinspirasi setelah menonton WandaVision episode 5

Foto: Collider

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.