Setelah Menonton WandaVision Episode 6 (Bagian 1)

Setelah kejutan dengan kemunculan Pietro Maximoff alias Quicksilver di episode sebelumnya, WandaVision kembali lanjut dengan tema perayaan Halloween.

Pada episode kali ini, Penulis berharap kalau akan ada penjelasan kenapa Pietro yang muncul adalah versi X-Men, bukan versi MCU.

Sayangnya, Penulis tidak menemukannya sehingga merasa sedikit kecewa dengan episode kali ini. Apalagi, alurnya kali ini terasa lebih lambat dari episode-episode sebelumnya.

Walaupun begitu, masih ada banyak poin-poin penting yang menjadi petunjuk mengenai apa yang sebenarnya terjadi kepada Wanda, Vision, dan penduduk Westview.

Berbeda dengan tulisan-tulisan WandaVision sebelumnya, kali Penulis akan langsung membedah dari scene ke scene.

SPOILER ALERT!!!

Perayaan Halloween dan Kostum Versi Komik

Kostum Ala Komik
Kostum Ala Komik

Setelah opening dengan gaya 90-an yang khas, kita akan melihat Billy berbicara ke arah kamera seperti banyak serial yang tayang pada era tersebut.

Ia mengenakan kostum seperti Wiccan, nama superheronya di versi komik. Di dapur ia bertemu dengan saudara kembarnya, Tommy, dan membicarakan tentang Halloween.

Kita akan melihat kalau mereka berdua sedang membicarakan tentang paman mereka, Pietro, yang sedang tertidur di sofa.

Mendengar dirinya dibicarakan, Pietro pun menggunakan kekuatannya (berlari cepat) untuk menakut-nakuti keponakannya hingga mereka berteriak dan ibu mereka muncul.

Wanda mengenakan kostum Scarlet Witch versi komik, namun ia mengatakan kostum tersebut merupakan kostum peramal Sokovia. Lantas, Vision pun muncul juga dengan versi komiknya.

Pietro dan Tommy

Pietro dan Tommy pada akhirnya juga menggunakan kostum Quicksilver dan Speed (nama superhero Tommy di komik) versi komik.

Vision mengatakan ke Wanda kalau dirinya harus mengamankan jalannya perayaan Halloween di Westview. Ia juga menyinggung tentang Pietro yang ternyata cepat akrab dengan anak-anak.

Ada beberapa hal yang membuat Penulis merasa “gatal” di adegan pembuka ini.

Wanda dan Vision sudah akur lagi seolah tidak ada apa-apa setelah bertengkar  hebat di episode 5? Pietro beda muka ini diterima begitu saja di rumah Wanda?

Hayward yang Makin Brengsek

Musuh Sebenarnya?

Keluar dari Westview, Monica sedang bersitegang dengan Hayward karena masalah penyerangan Wanda. Di sini, kita melihat betapa brengseknya seorang Hayward.

Ketika sedang berdebat, Hayward justru menyerang Monica secara personal (termasuk mengungkit hubungannya dengan Captain Marvel, memperkuat dugaan kalau Monica memiliki masalah dengannya).

Woo dan Darcy berada di pihak Monica, hingga pada akhirnya mereka bertiga diusir dari markas seolah Hayward memiliki rahasia yang tidak ingin diketahui oleh mereka bertiga.

Semakin terlihat kalau Hayward menyimpan sesuatu yang busuk di sini. Teori yang paling umum adalah ia menggunakan tubuh Vision untuk membuat senjata super dan untuk itu ia ingin merebut kembali tubuh Vision.

Keanehan Herb dan Vision yang Menemukan Keanehan

Kok Ada Anak Kecil?

Kembali ke Westview, Wanda bersama Pietro dan dua anaknya menyusuri jalanan Westview yang dipenuhi oleh orang-orang dengan menggunakan kostum Halloween.

Nah, episode kemarin Vision menanyakan kenapa di Westview tidak ada anak-anak. Ketika perayaan Halloween, anehnya anak-anak pada muncul di jalanan.

Wanda sempat mengetes Pietro dengan memberikan pertanyaan tentang masa kecil mereka, yang dijawab secara tidak jelas oleh Pietro.

Hal ini menunjukkan kalau Wanda sendiri merasa kalau Pietro yang ada di hadapannya ini bukan Pietro yang tewas di tangan Ultron.

Herb Punya Kesadaran?

Setelah Pietro mengajak keponakannya berbuat onar, Wanda bertemu dengan Herb. Anehnya, Herb berkata “ada yang ingin kau ubah?” seolah ia memiliki kesadaran seperti Agnes.

Jika diingat-ingat pada episode tiga, Herb juga terlihat ingin memberitahu Vision sesuatu sebelum dihentikan oleh Agnes. Apakah ia memiliki peran lebih dari sekadar warga Westview biasa?

Dari Herb juga Wanda menyadari kalau Vision tidak sedang ikut menjaga keamanan. Lantas, pergi ke mana Vision?

Ternyata Vision sedang menelusuri pinggiran Westview yang belum pernah ia kunjungi. Di sana ia menemukan keanehan karena orang-orang mengulang-ulang gerakan yang sama.

Bahkan, ada seorang wanita yang terlihat menangis sambil mengulang terus gerakan yang sama. Apakah itu menandakan kalau ia sedang kesakitan karena berada di bawah pengaruh Wanda?

Laki-Laki Misterius dan Mutan Pertama

Trio Kwek-Kwek

Trio kwek-kwek kesayangan kita, Monica, Woo, dan Darcy, tidak mau diusir begitu saja dari markas. Mereka mengalahkan pasukan yang membawa mereka dan menyusup kembali ke markas.

Ketika tayangan televisi menunjukkan adegan Pietro, Darcy mengatakan wrong face yang menjadi sinyal kalau Pietro yang ada di dalam Hex bukanlah Pietro yang asli.

Melalui Darcy, mereka bertiga menemukan fakta kalau Hayward ternyata telah mengetahui lebih banyak dari yang ia tunjukkan. Selain itu, ia secara khusus memantau pergerakan Vision.

Setelah itu, Monica mendapatkan pesan kalau pesawat pesanannya untuk kembali memasuki Hex telah siap dan ia akan menemuinya. Pertanyaannya, kepada siapa ia minta tolong?

Teori yang paling kuat adalah Richard Reed, karakter yang akan menjadi Mr. Fantastic dari film Fantastic Four. Jika benar, maka WandaVision akan menjadi serial yang membuka jalan ke film-film lain.

Mutan Pertama di MCU?

Selain itu, Darcy memberitahu Monica kalau darahnya telah bermutasi karena telah melewati batas Westview sebanyak dua kali sehingga ia tidak direkomendasikan untuk kembali ke sana.

Bisa jadi, ini tanda kalau Monica akan menjadi mutan pertama di MCU. Mungkin, ia akan menggunakan nama superhero Photon seperti julukan yang dimiliki oleh ibunya?

Akhirnya, Monica dan Woo meninggalkan markas untuk bertemu dengan “laki-laki” tersebut karena Darcy memutuskan tinggal demi membongkar kebusukan Hayward.

Salah satu yang informasi yang berhasil ia dapatkan adalah proyek CATARACT, yang detailnya masih misterius. Yang jelas, proyek tersebut berhubungan dengan tubuh Vision.

 

Bersambung ke Bagian 2…

 

 

Lawang, 14 Februari 2020, terinspirasi setelah menonton WandaVision episode 6

Foto: Comicbook

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.