Keluar dari Zona Nyaman

Istilah ke luar zona nyaman mungkin memang sudah terdengar terlalu mainstream. Sudah banyak orang yang menyerukan untuk ke luar dari lingkungan yang dapat membuat kita terlena hingga menjadi lalai.

Lantas mengapa penulis menulis tulisan ini? Karena penulis hendak ke luar dari zona nyaman penulis dengan merantau ke kota yang jauh dari rumah, jauh dari keluarga, dan jauh dari lingkungan yang nyaman. Penulis hendak sedikit berbagi apa yang penulis rasakan terkait rencana ini.

Penulis sangat nyaman dengan tempat penulis tinggal sekarang. Tinggal bersama orangtua di lingkungan yang sangat kondusif membuat penulis sangat betah tinggal di sini. Apalagi sebagai mantan ketua Karang Taruna, penulis memiliki kedekatan emosional dengan anggota-anggotanya.

Kondisi yang ideal ini membuat penulis merasa susah berkembang. Penulis ingin merasakan lingkungan baru yang bisa membuat penulis menjadi lebih baik baik dari hari kemarin. Jakarta penulis pilih karena sudah mengetahui sedikit banyak seluk-beluknya dari beberapa perjalanan ke sana.

Penulis ingin lebih BERDIKARI alias berdiri di atas kaki sendiri alias belajar hidup mandiri jauh dari orang tua dan lingkungan yang nyaman. Apalagi, penulis tidak memiliki pengalaman merantau yang lama. Paling lama hanya sekitar 4 bulan di Pare, Kediri. Itu pun masih sering pulang pergi Kediri-Malang.

(https://quotefancy.com/quote/831622/Ibn-Taymiyyah-Don-t-depend-too-much-on-anyone-in-this-world-because-even-your-own-shadow)

Selain itu, penulis juga ingin mengurangi ketergantungan terhadap orang lain, terutama orang tua. Sudah saatnya penulis membuka lembaran baru di mana penulis sendiri yang menggoreskan penanya di tiap lembar bukunya. Hal tersebut susah untuk dilakukan jika kita masih satu atap dengan orang tua.

Penulis akan memulai pengembaraannya bulan Agustus, karena kebetulan penulis termasuk volunteer Asian Games. Setelah even tersebut, penulis akan mencari kos sembari mencoba segala peluang yang tersedia di sana, baik kerja maupun kuliah.

Semoga pilihan penulis untuk ke luar dari zona nyaman memberikan manfaat kepada kita semua, terlebih untuk penulis sendiri.

 

 

Lawang, 25 Juni 2018, terinspirasi dengan keputusan yang sudah penulis buat

Sumber Foto: https://unsplash.com/photos/MDupks3qrVo

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.