Stars & Rabbits – Sebuah Permainan

Namanya memang penulis ambil dari salah satu band Indonesia. Tidak ada alasan khusus, hanya agar permainan ini memiliki nama yang berbeda dengan Ular Tangga.

Dulu kami sempat mau menggunakan hewan ubur-ubur. Akan tetapi, karena susah menggambarnya, pada akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan kelinci. Sebagai pasangannya diambillah bintang jatuh.

Stars & Rabbits merupakan permainan yang terinspirasi setelah menonton anime yang bertemakan sebuah game D-Frag. Penulis, yang pada dasarnya sangat menyukai board game, memutuskan untuk membuat sebuah permainan baru.

Penulis menggabungkan setidaknya tiga permainan pada game ini: Ular TanggaMonopoli, dan Werewolf.

Bagaimana Cara Bermain Stars & Rabbits?

Mari kita bedah satu persatu. Kita ambil dari sisi ular tangga terlebih dahulu. Tentu para pembaca tahu bagaimana cara bermain ular tangga bukan?

Pada permainan ini, konsep ular tangga diterapkan 100% dengan 100 petak. Bila mendarat di kelinci, kita naik dan bila mendarat di bintang kita turun.

Selanjutnya monopoli. Permainan ini sama sekali tidak menggunakan uang. Apa yang diambil dari monopoli adalah kartu Dana Umum dan Kesempatannya.

Konsep Stars & Rabbits

Dana Umum biasanya berisi tentang maju mundurnya pion, sedangkan Kesempatan berisikan tentang kekuatan-kekuatan yang bisa dimiliki oleh pemain.

Kekuatan seperti apa? Nah, sebelum permainan, secara acak pemain akan mendapatkan peran-peran Werewolf, termasuk yang dibuat oleh Karang Taruna sendiri.

Contohnya, yang mendapatkan peran sebagai Werewolf bisa membunuh lawan. Gunner juga bisa membunuh lawan. Pemain yang mendatangi adalah yang berhak mengaktifkan kemampuannya terlebih dahulu.

Selain itu, di papan permainan juga terdapat beberapa fitur lain, seperti Black Hole yang akan mengeluarkan pemain yang mendarat di sana. Ada juga petak Safe Zone yang membuat pemain bisa terlindungi dari serangan Werewolf maupun pemain lainnya.

Bagaimana Cara Menentukan Pemenangnya? Permainan ini dimainkan secara tim. Ada tim villager, tim Werewolf, tim Cultish, dan tim-tim lainnya.

Pemenang permainan bisa ditentukan dengan dua cara, yakni siapa yang mencapai garis finish terlebih dahulu atau menyingkirkan tim lawan.

Sama seperti permainan-permainan lain yang sering dimainkan bersama, Stars & Rabbits bertujuan untuk merekatkan rasa kekeluargaan yang dimiliki oleh Karang Taruna. Permainan-permainan baru akan terus bermunculan agar tidak mudah bosan ketika sedang berkumpul.

 

 

Kebayoran Lama, 24 Desember 2018, terinspirasi setelah rindu bermain Stars & Rabbits

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.