Setelah Menonton Trailer Avengers: End Game

Penulis sudah menunggu trailer dari film ini mulai hari Selasa (4/12). Setelah rilis pada hari Jum’at kemarin, penulis mungkin sudah menontonnya lebih dari 30 kali. Penulis ingin sedikit berbagi pendapat penulis tentang trailer Avengers: End Game ini.

Tony Stark dan Nebula

Mari kita bedah satu persatu secara berurutan. Yang pertama tentu tentang Tony Stark yang terombang-ambing di luar angkasa tanpa menemukan adanya peluang untuk selamat (atau setidaknya trailernya memberi kesan seperti itu).

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Tony (bersama Nebula) adalah salah satu makhluk hidup yang selamat dari jentikan Thanos. Ia tertinggal di Titan, tempat para Avengers bertarung mati-matian demi berusaha menghentikan ambisi Thanos.

Tentu kita berpikir, mengapa Tony sendirian di pesawat luar angkasa? Mengapa tidak meminta tolong Nebula yang “lebih profesional” dalam menjelajah angkasa? Ataukah sebenarnya Nebula ada di pesawat tersebut? Bukankah ada adegan Nebula memegang pundak seseorang?

Mungkin saja Nebula yang robot (benarkah?) tidak membutuhkan makanan dan minuman seperti Tony, sehingga ia bisa selamat. Akan tetapi muncul pertanyaan lainnya.

Bukankah Tony bersama Doctor Strange dan Spiderman bisa mencapai Titan dalam waktu yang sebentar? Lantas mengapa perjalanan pulang ke Bumi bisa begitu lama? Apakah karena berbeda pesawat antariksa?

Yang jelas, pada bagian Tony, kita bisa merasakan bagaimana perasaan seorang Tony kepada kekasihnya, Pepper Potts. Salah satu adegan favorit penulis pada trailer ini adalah ketika Tony membelai lembut helm Ironman-nya (bukannya kostum Ironman Tony sudah menggunakan teknologi nanotechnology?) ketika mematikan rekaman.

Siapakah yang akan menyelamatkan Tony? Ada banyak teori yang muncul ke permukaaan. Contohnya, Pepper Pots sendiri. Bukankah ada foto bocoran di mana Potts mengenakan kostum Ironman (atau Ironwoman?)? Tapi bisa jadi foto tersebut sengaja disebar untuk menyesatkan penonton.

Ataukah ia akan diselamatkan oleh Captain Marvel yang sama sekali belum muncul pada trailer kali ini? Atau malah Rocket Racoon yang menolongnya? Semua masih menjadi misteri.

Captain America dan Para Avengers Lainnya

Kita bisa melihat bagaimana tangis Steve Rogers tumpah pada trailer ini, yang mungkin disebabkan karena rasa bersalahnya. Sebagai seorang kapten, tentu ia merasa bertanggungjawab atas apa yang terjadi pada anak buahnya.

Selain itu, Steve juga kembali ke penampilan awalnya yang brewok-free. Mungkin ini juga bisa jadi isyarat bahwa Avengers: End Game memiliki jeda waktu yang cukup panjang setelah Avengers: Infinity Wars berakhir.

Selain itu, ia dan Black Widow (dan mungkin juga anggota Avengers yang lain) sedang memiliki misi yang harus dituntaskan demi menyelamatkan rekan-rekan mereka yang telah menghilang.

Terdapat cuplikan yang menunjukkan sang kapten sedang melihat foto kekasihnya, Peggy. Bisa jadi, itu merupakan isyarat bahwa Captain America akan mati pada film kali ini. Jika iya, maka penulis akan merasa sedih sekali.

Hawkeye dan Ant-Man

Dua superhero ini absen di Infinity Wars yang menimbulkan banyak spekulasi. Kehadiran mereka di trailer menjadi begitu penting untuk menjawab spekulasi tersebut.

Kita bahas dulu Hawkeye yang telah bertransformasi menjadi Ronin. Mungkin, Clint barton merasakan dampak jentikan Thanos sehingga keluarganya lenyap menjadi debu. Hal tersebut membuatnya pergi ke Jepang dan berlatih untuk menjadi seorang ahli pedang, bukan lagi ahli panah.

Black Widow alias Natasha Romanoff mungkin sedang berada di dalam misi untuk mencari Clint dalam rangka mengumpulkan kekuatan sebanyak mungkin untuk melaksanakan misi-entah-apa-namanya. Akan tetapi, kita bisa melihat tatapan mata Clint yang penuh dendam, membuat kita bertanya-tanya, apakah ia akan menjadi rekan atau justru lawan.

Di sisi lain, Scott Lang alias Ant-Man secara ajaib berhasil lolos dari Quantum Reality setelah pada film Ant-Man and the Wasp terjebak di sana karena rekan-rekannya lenyap menjadi debu.

Penulis sempat mengira bahwa rekaman video yang ditonton oleh Captain America dan Black Widow merupakan rekaman. Tapi setelah melihat berulang-ulang, penulis yakin bahwa itu bukanlah rekaman.

Mungkinkah rekannya, Luis, yang menjadi penyelamatnya? Ataukah ada orang lain yang berhasil menyelamatkannya? Jika iya, bagaimana? Tentu butuh orang yang pintar untuk bisa mengeluarkan Scott dari Quantum Reality tersebut.

Thor, Thanos, dan Avengers Lainnya

Thor sedang bersedih karena bisa dibilang ia tidak memiliki apa-apa lagi dalam hidupnya. Dunianya telah hancur, rakyatnya tewas di tangan Thanos dan anak buahnya, dan saudara tercintanya, Loki, juga telah meninggalkan dirinya. Mungkin yang membuatnya masih bisa bertahan hidup adalah keinginan untuk balas dendam ke Thanos.

Berbicara tentang Thanos, ia sedang menikmati masa tenangnya dengan mengurus kebunnya. Sama sekali belum ada petunjuk tentang apa yang akan ia lakukan di serial pemungkas Avengers ini. Hanya ada satu cuplikan di mana ia berjalan melewati kebunnya. Apakah ia hendak menemui seseorang?

Kita hanya bisa melihat Black Widow yang masih berada di sisi kapten. Lantas, ke mana yang lain? Bukankah beberapa superhero berhasil selamat ketika bertarung di Wakanda.

Mungkin Bruce Banner alias Hulk berada di markas Avengers juga, melihat di trailer ia bisa memantau hologram yang berisikan data orang-orang yang telah hilang (Scott Lang, Peter Parker, Shuri).

Kita tahu War Machine juga berhasil selamat. Begitupula Rocket Racoon yang menjadi satu-satunya selamat dari tim Guardian of the Galaxy. Keberadaan mereka masih menjadi misteri.

Kesimpulan

Kesimpulannya, penulis sama sekali tidak bisa menebak ke mana arah film Avengers: End Game ini. Trailer ini, meskipun sempat membuat penulis kecewa karena sama sekali tidak menunjukkan arah jalan cerita, bisa memainkan emosi penontonnya secara mengagumkan.

Belum lagi ketidaktahuan kita mengenai Captain Marvel, yang seharusnya muncul pada film ini jika kita melihat post credit dari Infinity Wars. Jelas banyak sekali ketidaktahuan yang kita miliki, membuat kita dihantui rasa penasaran dan keinginan yang menggebu-gebu untuk segera menontonnya.

Film ini akan tayang empat bulan lagi, mungkin akan menjadi film dengan pemasukan terbesar mengalahkan Avatar. Yang bisa kita lakukan sekarang adalah menanti dengan sabar, sembari membuat perkiraan-perkiraan akan jalannya cerita.

 

 

Kebayoran Lama, 12 Septermber 2018, terinspirasi setelah menonton trailer Avengers: End Game

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.