Kok Udah Lama Enggak Ngeblog?

Dalam mengelola blog Whathefan ini, Penulis menargetkan diri untuk membuat enam tulisan dalam satu minggu. Jumlah tersebut demi feed Instagram yang rapi dan lebih menarik. Hanya saja, dalam beberapa waktu terakhir Penulis terlihat jarang menulis blog.

Tulisan terakhir yang dibuat adalah Sebelum Mencintai Orang Lain… yang tayang pada tanggal 26 Juli 2020. Itupun tulisan pendek yang hanya terdiri dari 185 kata.

Lebih lanjut, selama bulan Juli Penulis hanya memproduksi 7 tulisan dari yang seharusnya 27 tulisan. Bandingkan dengan bulan Juni dengan 16 tulisan walau angka tersebut juga masih di bawah target bulanan.

Kenapa bisa seperti itu?

Tanggung Jawab Baru

Salah satu alasan utama mengapa intensitas tulisan Penulis berkurang adalah karena adanya tanggung jawab baru di kantor Penulis. Sekarang, Penulis menjadi lead untuk media sosial sekaligus Apps dan tidak menulis lagi.

Oleh karena itu, waktu dan tenaga Penulis banyak tersita untuk hal tersebut. Ada banyak sekali hal baru yang harus Penulis pahami dan kuasai. Tak jarang akhir pekan Penulis tetap gunakan untuk bekerja.

Meningkatnya tekanan juga membuat Penulis mengalami stres. Apalagi, Penulis menerima tanggung jawab baru ini di kala pandemi yang sungguh menyiksa mental.

Kehilangan Gairah Menulis

Stres yang berkepanjangan membuat Penulis sempat merasa kehilangan melakukan hobi-hobinya, termasuk menulis blog dan membaca buku. Padahal, dua aktivitas itulah yang menemani Penulis di kala sunyi menghampiri.

Sekalipun Penulis memiliki waktu luang, sama sekali tidak ada semangat untuk membuat laptopnya dan mulai membuat tulisan. Buku-buku yang baru dibeli pun tertumpuk begitu saja di rak.

Ada sumber yang mengatakan kalau kehilangan gairah untuk melakukan sesuatu yang disukai merupakan salah satu ciri orang depresi. Bisa jadi benar, namun Penulis tidak berani menganggap dirinya depresi.

Yang jelas, kombinasi antara stresnya pekerjaan dan tidak bisa pulang karena adanya pandemi menjadi penyebab utama Penulis tidak lagi bersemangat untuk menulis dan membaca.

Penutup

Pada suatu sore, Penulis memberanikan diri telepon atasan untuk meminta izin bekerja dari Malang selama satu bulan. Penulis memaparkan alasan sebeneranya kalau Penulis sedang stres dan butuh pulang.

Untunglah, atasan Penulis memberikan izin dengan mudah sekali. Apalagi, pekerjaan Penulis sangat memungkinkan untuk dilakukan dari mana saja.

Maka dari itu sejak 1 Agustus 2020, Penulis sudah berada di rumah dan akan terus di sini hingga 30 Agustus nanti. Selama di sini, Penulis merasa energinya yang berkurang banyak telah terisi secara perlahan.

Tidak hanya itu, Penulis juga merasa bisa bekerja lebih produktif lagi. Sesekali muncul rasa malas karena merasa sedang liburan, namun tidak sampai menganggu work flow.

Walaupun begitu, dibutuhkan waktu hingga 2 minggu untuk bisa mulai menulis blog lagi, diawali dengan curhatan ini. Semoga selama beberapa hari ke depan, Penulis bisa mulai rutin menulis lagi di sela-sela kesibukannya.

Lawang, 16 Agustus 2020, terinspirasi setelah lama tidak menulis blog

Foto: Valley Schools

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.