Satu Tahun Whathefan

Alhamdulillah, hari ini blog penulis, Whathefan, berulangtahun untuk yang pertama kali. Selama satu tahun itu, tentu blog ini telah mengalami banyak perubahan dan penyesuaian.

Pada mulanya, penulis hanya memberi target membuat lima artikel selama satu minggu. Akan tetapi, mulai bulan September penulis memutuskan untuk menambahnya menjadi enam. Alasannya sederhana, supaya feed di Instagram menjadi lebih rapi dan teratur.

Ruang dan Rubrik Whathefan

Meskipun terkadang harus berutang tulisan hingga berhari-hari, penulis berhasil memenuhi kuota tulisan sesuai dengan yang ditargetkan. Total, terdapat 303 artikel yang terbagi menjadi beberapa rubrik, yang penulis bagi beberapa ruang.

Ruang pertama adalah ruang sastra yang berisikan karya-karya penulis seperti novel, cerpen, dan sajak. Penulis telah menerbitkan tiga novel di blog ini, yakni:

Selain itu, penulis juga sudah membuat 8 cerpen dan 27 sajak yang seringkali terinspirasi dari pengalaman-pengalaman pribadi penulis maupun dari hasil pengamatan terhadap berbagai hal.

Ruang selanjutnya adalah ruang opini yang berisikan tentang pemikiran dan pendapat penulis dalam menyikapi sebuah permasalahan. Penulis membaginya menjadi tiga rubrik, yakni:

  • Karaktermembahas tentang perilaku manusia, terdiri dari 19 tulisan
  • Renunganberisi pemikiran-pemikiran penulis tentang berbagai hal yang patut untuk direnungkan, terdiri dari 24 tulisan, dan
  • Sosial Politikberisikan opini tentang berbagai fenomena sosial politik yang terjadi di sekitar penulis, terdiri dari 20 tulisan.

Ruang yang ketiga adalah Ruang Inspirasi, di mana ruangan ini penulis harapkan bisa memberikan inspirasi-inspirasi kepada pembacanya, termasuk penulis sendiri. Ruang ini hanya terdiri dari 2 rubrik, yakni:

  • Tips & Motivasi, berisi tentang tips-tips dan motivasi untuk pembaca, terdiri dari  19 tulisan, dan
  • Tokoh & Sejarah, berisikan tulisan tentang tokoh-tokoh dan sejarah dunia yang menginspirasi, terdiri dari 24 bagian.

Selanjutnya adalah ruang yang paling santai di antara ruang lain. Penulis memberinya nama Ruang Pinggir, ruang yang kita gunakan untuk melakukan hobi kita. Ruang yang satu ini memiliki 3 rubrik

Selain ruang-ruang di atas, terdapat pula kolom Fanandi yang berisikan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan penulis. Kolom ini terdiri dari:

  • CV Online, berisikan riwayat hidup singkat penulis
  • Karang Taruna, berisi tentang aktivitas-aktivitas Karang Taruna di tempat penulis tinggal, terdiri dari 17 tulisan, dan
  • Pengalaman, tempat penulis berbagi cerita yang penulis alami sendiri berisi 21 tulisan.

Penulis sempat berpikiran untuk mengubah lagi susunan rubrik di atas, tapi untuk sementara penulis merasa cukup dengan komposisi yang ada. Bisa dibilang, ini adalah susunan yang paling ideal bagi Whathefan selama berjalan setahun.

Pos Paling Populer

Selama satu tahun ini, tentu ada tulisan-tulisan yang paling baca dibaca. Di sini, penulis akan memberikan 10 tulisan yang memiliki views tertinggi selama satu tahun ini.

  1. Pengalaman Melamar Kerja di NET TV (Tahap Pertama) (Pengalaman, 4.957 views)
  2. Wanita Bermata Sayu (Cerita, 2.079 views)
  3. Pengalaman Melamar Kerja di NET TV (Tahap Kedua dan Ketiga) (Pengalaman, 1.278 views)
  4. Berjalan Itu Menatap Lurus ke Depan, Bukan Menunduk Bukan Mendongak (Tips & Motivasi, 1.045 views)
  5. Bijak Menggunakan Caps Lock (Karakter, 899 views)
  6. Menjelajah Dunia Paralel (Buku, 573 views)
  7. Dikelilingi Wanita Ala Anime (Anime & Komik, 570 views)
  8. Detail Pada Karya Don Rosa (Anime & Komik, 523 views)
  9. Di Balik Logo Asian Games 2018 (Tokoh & Sejarah, 471 views)
  10. Pengalaman Naik Kereta Bandara Soekarno-Hatta (Pengalaman, 441 views)

Penulis sendiri tidak mengerti mengapa tulisan-tulisan tersebut memiliki views yang tinggi jika dibandingkan dengan tulisan-tulisan lainnya. Yang jelas, penulis senang melihat angka-angkat tersebut.

Harapan di Ulang Tahun yang Pertama

Penulis berharap, dengan satu tahunnya Whathefan ini, penulis bisa memberikan tulisan-tulisan yang lebih bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Tentu, penulis juga berharap bisa mendapatkan manfaat tersebut.

Semoga di tahun 2019 ini, penulis bisa tetap konsisten menulis dan tidak lagi menunda-nunda aktivitas menulis blog ini hingga akhirnya menumpuk. Semoga di tahun ini penulis bisa menyebarkan kebaikan sebanyak mungkin.

Jika bolah jujur, dengan membuat tulisan-tulisan di blog ini, penulis merasa bertanggungjawab akan apa yang ditulis. Jadi, jika penulis sedang memberikan tips untuk menjadi lebih baik, sebenarnya penulis sedang memotivasi diri sendiri untuk menjadi lebih baik.

Terima kasih untuk semua pembaca yang sudah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca blog ini. Adanya pembaca-pembaca membuat penulis merasa termotivasi untuk terus menghasilkan tulisan-tulisan yang (mudah-mudahan) berkualitas.

Sekian, dan sampai jumpa di ulang tahun yang kedua!

 

 

Kebayoran Lama, 2 Januari 2019, terinspirasi karena hari ini Whathefan berulangtahun!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.