Beragam Cerita Penuh Warna Ala Clannad

Pada dasarnya, hanya ada dua alasan mengapa penulis menonton anime. Pertama, sebagai hiburan karena penulis tidak suka menonton film ataupun serial TV. Kedua, sebagai sarana untuk mencari inspirasi karakter novel.

Alasan tersebut mendasari keputusan penulis untuk mencari anime-anime yang bergenre komedi dengan latar belakang sekolah, karena novel-novel yang penulis buat menggunakan tokoh yang masih SMA.

Akhir-akhir ini, penulis mencoba untuk merambah ke genre romance-comedy karena merasa kesulitan membuat adegan romatis di novel. Oleh karena itu, penulis bisa berkenalan dengan anime yang berjudul Clannad.

Siapa yang menyangka, anime tersebut membawa beragam cerita yang penuh warna.

Tomoya dan Nagisa

Sewaktu mendownload beberapa anime untuk “stok”, penulis memutuskan untuk menonton Clannad terakhir. Tidak ada alasan khusus, hanya mengikuti feeling semata. Salah satu kebiasaan penulis adalah menyimpan yang terbaik hingga saat-saat terakhir, dan ternyata keputusan itu tepat.

Anime ini berpusat pada kehidupan tokohnya yang bernama Tomoya Okazaki, remaja berandalan yang harus hidup bersama ayahnya yang pemabuk. Di saat hari pertama kelas tiga, ia tanpa sengaja bertemu dengan Nagisa Furukawa, yang terpaksa tinggal kelas karena sakit.

Nagisa & Tomoya (hereisgreenwood.blogspot.com)

Nagisa ingin mendirikan klub teater yang ditutup karena kekurangan anggota. Karena Nagisa sangat pemalu, pada akhirnya Tomoya ikut membantu dengan mengumpulkan teman-teman yang sekiranya bersedia membantu Nagisa.

Setelah itu, mereka hampir selalu bersama ke manapun. Bahkan, ketika Tomoya bertengkar dengan ayahnya, ia memutuskan untuk tinggal di rumah Nagisa (iya, orangtua Nagisa, Akio dan Sanae Furukawa, memberi ijin teman anaknya tinggal bersama mereka).

Bermula dari beragam kejadian itulah, tumbuh perasaan cinta di antara keduanya.

Bumbu Supernatural

Penulis sama sekali tidak menduga bahwa anime ini memiliki unsur supernatural, sesuatu yang sebenarnya tidak penulis sukai karena tidak logis. Akan tetapi, adegan supernatural di awal-awal cerita berhasil membuat penulis merasa penasaran.

Tomoya, yang tipikal baik ke semua wanita, bertemu dengan seorang gadis bernama Fuko Ibuki yang sedang duduk sendirian di sebuah kelas. Meskipun seumuran dengan Tomoya, Fuko sangat kekanakan.

Fuko Ibuki (theshadowsoftheday.wordpress.com)

Akan tetapi, hal yang aneh terjadi sewaktu Tomoya dan Nagisa bertemu dengan kakak Fuko, Kouko Ibuki. Dari kakaknya, mereka berdua mengetahui bahwa Fuko yang asli sedang terbaring di rumah sakit dan telah tidak sadarkan diri dalam jangka waktu yang cukup lama.

Penulis sempat merinding ketika menyaksikan bagian ini. Bahkan, tanpa sadar penulis langsung marathon 7 episode untuk membunuh rasa penasaran. Perlahan-lahan, orang yang mengenal Fuko tidak bisa mengingatnya kembali, termasuk Tomoya dan Nagisa.

Akan tetapi, misinya agar teman-teman sekolahnya hadir di pernikahan kakaknya yang diadakan di sekolah berhasil terkabul. Setelah itu, Fuko seringkali tiba-tiba muncul di waktu yang random, hanya sebagai intermezzo.

Bumbu supernatural yang lain adalah adanya roh kucing bernama Katsuki Shima yang bisa berubah wujud menjadi manusia demi menyatakan perasaan tuannya kepada seorang wanita kepala asrama di mana sahabat Tomoya, Youhei Sunohara, tinggal. Ia bernama Misae Sagara.

Katsuki Shima & Misae Sagara (kuranadonodaikazoku.blogspot.com)

Pada akhirnya, roh kucing ini justru jatuh cinta kepada wanita tersebut, walaupun pada akhirnya mereka harus berpisah karena sang kucing tidak bisa terus menerus menjadi sosok manusia. Cerita ini akan diceritakan pada season keduanya.

Namun kesan supernatural yang paling kental adalah adanya semacam adegan tentang seorang gadis yang tinggal sendiri di sebuah dunia, dan hanya ditemani oleh sebuah robot yang bisa bergerak. Adegan ini paling sering membuat penulis jengkel karena tidak paham dengan maksudnya, walaupun misteri ini akan terjawab pada seri keduanya, Clannad After Story.

Dicintai Banyak Wanita

Meskipun pada akhirnya Tomoya memilih Nagisa, sebenarnya banyak sekali wanita di sekelilingnya yang menaruh perasaan kepadanya. Dicintai banyak wanita seperti ini seringkali membuat penulis merasa sebal.

Kotomi Ichinose (nahason-otaku.blogspot.com)

Yang pertama ada Kotomi Ichinose, seorang perempuan jenius yang suka mengurung diri di perpustakaan. Tomoya sering mengunjunginya, mungkin karena merasa kasihan melihat Kotomi yang terlihat kesepian.

Nantinya akan terungkap fakta, bahwa Kotomi adalah teman masa kecil Tomoya dan pernah mengalami peristiwa tragis di masa lalunya.

 

Ryou & Kyou Fujibayashi (reddit.com)

Selanjutnya adalah si kembar Ryou dan Kyou Fujibayashi. Pada awalnya, Kyou yang lebih tua dan lebih pemberani terus berusaha membantu adiknya yang pemalu agar bisa dekat dengan laki-laki yang ia cintai, ya si Tomoya.

Namun saat mereka melihat kenyataan bahwa Tomoya mencintai Nagisa, terungkap bahwa Kyou juga naksir ke Tomoya dan pada akhirnya kedua saudara kembar ini saling menangis dan berpelukan (ha ha ha).

Nanti akan ada episode alternatif di mana Tomoya menjalin hubungan asmara dengan mereka berdua.

Tomoyo Sakagami (theschoolstrees.blogspot.com)

Ada juga adik kelas Tomoya yang bernama Tomoyo Sakagami. Namanya yang mirip sempat membuat bingung penulis.

Ia adalah wanita yang tangguh dan berambisi untuk menjadi ketua OSIS, namun terhalang karena ia telah dicap buruk sebagai mantan anggota sebuah geng berandalan (Youhei sering mendapatkan tendangan maut darinya).

Tomoya sebagai laki-laki yang tidak bisa membiarkan temannya kesusahan (mirip dengan Arata Kaizaki pada anime ReLIFE) tentu membantu Tomoyo agar bisa mendapatkan kepercayaan untuk menjadi ketua OSIS.

Entah ada hubungan romantis di hati Tomoyo, yang jelas ia sering sekali mampir ke rumah Tomoya untuk sekedar membangunkannya karena ia termasuk murid yang paling sering terlambat.

Bahkan, ada episode dunia alternatif di mana Tomoya dan Tomoyo menjadi pasangan. Jika dituliskan pada undangan pernikahan, tentu nama mereka terlihat cocok untuk bersanding.

Yukine Miyazawa (coub.com)

Masih ada beberapa karakter wanita lainnya, seperti adik Youhei yang bernama Mei dan seorang wanita baik hati bernama Yukine Miyazawa. Akan tetapi, peran mereka baru tampak pada sekuelnya.

Penutup

Clannad merupakan anime yang menarik dan penuh warna. Berbagai konflik anak SMA dihadirkan untuk memunculkan rasa penasaran (dan gemas) penontonnya. Tiap tokohnya memiliki karakteristik yang kuat, sehingga penonton tidak akan merasa bingung untuk membedakan mereka.

Komedi yang dihadirkan juga lumayan menggelitik. Untuk kisah romantisnya tidak usah diragukan lagi. Kisah antara Tomoya dan Nagisa benar-benar digambarkan secara kuat, belum lagi perasaan karakter wanita lainnya.

Meskipun berhasil membuat penulis terkesan, tingkatannya masih di tahap biasa saja. Terkadang anime ini juga terasa membosankan dengan adegan-adegan yang seolah diulur-ulur agar durasinya panjang.

Akan tetapi, di sekuelnya yang berjudul Clannad After Story, perasaan dan emosi penulis dicampur aduk sedemikian rupa. Penulis merasakan kesedihan mendalam yang dirasakan oleh karakter-karakternya.

Sekuelnya adalah anime pertama yang berhasil membuat penulis menitikkan air mata.

Bersambung…

 

 

Kebayoran Lama, 20 November 2018, terinspirasi setelah menamatkan anime Clannad

Sumber Foto: moviewnews.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.