Membangun Fondasi Organisasi

Begitu terpilih menjadi ketua Karang Taruna pertama pada tanggal 3 September 2016, penulis langsung menyadari apa yang harus penulis lakukan ke depannya. Sama seperti bangunan, pertama kali yang harus dibangun adalah fondasi.

Kok fondasi? Bukannya pondasi? Berdasarkan KBBI, ternyata yang benar adalah fondasi pakai F. Fondasi memiliki makna:

dasar bangunan yang kuat, biasanya (terdapat) di bawah permukaan tanah tempat bangunan itu didirikan; fundamen

Nah, penulis akan menggarisbawahi kata kuat. Kekuatan fondasi sangat mempengaruhi bangunan yang didirikan di atasnya. Apabila fondasinya lemah, maka bangunan akan mudah roboh.

Lantas, bagaimana caranya membangun fondasi organisasi yang kuat? Banyak hal yang telah penulis dan rekan-rekan lainnya lakukan. Sebut saja main bersama, bakar-bakar, dan kegiatan yang memperat rasa kekeluargaan antar anggota.

Dari segi keorganisasian, banyak sekali proker yang diwacanakan. Jika dihitung, total terdapat 29 program kerja (proker) yang direncanakan. Tidak semua proker dapat berhasil dilaksanakan, karena memang salah satu alasan banyaknya proker diajukan adalah untuk mengetahui mana yang mungkin untuk dikerjakan dan mana yang tidak.

Dari ke 29 proker, terdapat 16 proker yang telah dilaksanakan dan 13 proker yang tidak pernah terlaksana dengan berbagai macam alasan. Ini akan menjadi modal untuk kepengurusan berikutnya dalam menyusun proker untuk tiga tahun ke depan.

Dari segi kaderisasi anggota, anggota akan digilir untuk menerima tanggungjawab proker, mulai dari yang ringan seperti penanggungjawab SWI Mengajar hingga ketua panitia peringatan kemerdekaan Republik Indonesia. Semua ini dilakukan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anggota.

Lalu, apakah fondasi yang telah penulis dirikan bersama teman-teman lainnya akan mampu menopang bangunan organisasi di atasnya? Yang bisa menjawab hal ini adalah kepengurusan berikutnya. Penulis yakin bahwa kepengurusan berikutnya mampu mendirikan bangunan organisasi yang indah, di bawah fondasi yang telah dibangun oleh kepengurusan sebelumnya :).

 

 

Lawang, 10 Juni 2018, terinspirasi setelah secara mendadak disuruh Pentol memberikan sedikit wejangan.

Sumber Foto: http://bbccon.com/foundation.php

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.