Setelah Membaca Buku Antimalas dan Suka Menunda

Sebagai manusia biasa, Penulis memiliki banyak sifat buruk yang harus dibenahi. Beberapa di antaranya adalah sifat malas dan suka menunda-nunda pekerjaan.

Menyadari hal tersebut, Penulis pun memutuskan untuk membeli buku berjudul Buku Antimalas dan Suka Menunda karya Choi Myung Gi yang satu ini

Meskipun tahu kalau isinya tidak akan terlalu dalam dan kemungkinan akan terlupakan begitu saja, Penulis tetap memutuskan untuk membelinya.

Seperti iman, energi positif pun butuh dicas dengan hal-hal yang positif.

Apa Isi Buku Ini?

Sesuai dengan judulnya, buku ini memotivasi kita untuk menyingkirkan perasaan malas dan kebiasaan suka menunda. Ada tiga bab utama pada buku ini.

Bab pertama adalah Ini Masalah Perasaan yang menjelaskan bahwa kemalasan bisa berasal dari perasaan yang sedang kita alami.

Beberapa di antaranya adalah perasaan cemas, hilang hasrat, amarah, sensitif, kesepian, merasa tidak puas, kurang motivasi, dan lain sebagainya.

Setiap penyebab akan dijelaskan mengapa perasaan tersebut bisa membuat kita merasa malas dan menunda sesuatu.

Buku motivasi tentu menghadirkan sebuah solusi dari permasalahan dan itu yang akan kita temukan pada buku ini. Di akhir bagian, ada semacam intisari cara berpisah dari kemalasan tersebut.

Bab kedua adalah Menyingkirkan Hambatan yang Meredupkan Tekad. Bab ini menjelaskan penyebab-penyebab kemalasan yang bukan disebabkan oleh perasaan.

Contohnya adalah pekerjaan yang membosankan, adanya manusia-manusia pengganggu, kebiasaan menyalahkan orang lain, dan lain sebagainya. Pola tiap bagiannya sama dengan bab sebelumnya.

Bab terakhir dari buku ini adalah Dari Pemalas Menjadi Pekerja Keras. Bab ini memberikan beberapa tips untuk mengusir rasa malas, seperti mengurangi penggunaan media sosial, memperbarui suasana, hingga biasakan diri untuk tidak terlambat.

Di setiap akhir bab, akan ada renungan yang menarik untuk dibaca. Buku ini juga memiliki bonus berupa diary revolusi yang bisa discan menggunakan ponsel pintar kita.

Setelah Membaca Buku Antimalas dan Suka Menunda

Sebagai buku self-improvement yang ditujukan untuk generasi muda, buku ini dibawakan dengan bahasa ringan dan tidak berbelit-belit.

Buku ini berusaha menunjukkan akar kemalasan yang kita miliki. Kemalasan tidak tiba-tiba muncul begitu saja, pasti ada penyebabnya baik internal maupun eksternal.

Seperti yang sudah Penulis duga ketika membeli buku ini, pembahasan yang ada di dalamnya bisa dianggap enteng-enteng saja. Bahkan Penulis sempat berhenti beberapa saat karena merasa bosan dengan buku ini.

Apakah Penulis menjadi tidak malas setelah membaca buku ini? Tentu tidak, rasa malas dan kebiasaan buruk suka menunda masih Penulis miliki hingga sekarang.

Walaupun begitu, setidaknya Penulis jadi mengetahui beberapa penyebab kemalasan. Jika rasa malas muncul, Penulis akan berusaha mengatasinya dengan beberapa tips yang ada di buku ini.

Membaca buku ini, yang terpenting adalah praktiknya. Semua buku self-improvement akan menjadi percuma jika tidak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Nilai: 4.0/5.0

 

 

Lawang, 29 Desember 2020, terinspirasi setelah membaca Buku Antimalas dan Suka Menunda karya Choi Myung Gi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.