Asal Muasal Istilah Bug

Penulis termasuk penggemar game sepakbola, mulai jaman Winning Eleven pada konsol Playstation hingga FIFA 18 yang sekarang terinstall di laptop penulis. Rasanya semua penggemar sepakbola secara otomatis akan suka bermain game sepakbola, apapun bentuknya.

Salah satu hal yang sering menjadi bahan lelucon pada permainan tersebut adalah ketika terjadi bug yang menggelikan. Sebut saja kaki yang memanjang, pemain yang menembus pemain lain, dan lain sebagainya. Di Youtube pasti banyak sekali tersedia video kompilasinya.

Istilah bug sendiri sebenarnya digunakan untuk menjelaskan adanya masalah yang mengakibatkan sistem tidak berjalan sebagaimana mestinya. Tapi mengapa error tersebut diberi nama bug, yang notabene dalam bahasa Inggris memiliki arti serangga?

Bug Pada FIFA 18 (https://www.youtube.com/watch?v=OraX2eyDSqU&t=521s)

Walter Isaacson dalam bukunya yang berjudul The Innovators menjelaskan hal ini. Istilah ini pertama kali digunakan di masa ketika komputer belum secanggih sekarang dan masih berukuran satu ruangan. Adalah para kru dari Universitas Havard yang mempopulerkannya, tidak lama setelah perang dunia kedua berakhir.

Ketika itu, tim dari Universitas Harvard sedang mengembangkan komputer Mark II, penerus dari komputer sebelumnya Mark I. Komputer tersebut diletakkan di sebuah gedung yang tidak berjendela. Suatu saat, kerja Mark II terganggu sehingga semua kru sibuk mencari akar permasalahan tersebut.

Mark II (via prezi.com)

Lalu coba tebak, apa yang menyebabkan hal tersebut? Ternyata ada seekor ngengat yang memiliki rentang sayap 10 cm tersangkut di salah satu relay elektromatis dari Mark II, hingga serangga tersebut menjadi gepeng. Berawal dari peristiwa tersebutlah istilah bug digunakan. Proses perbaikan bug juga disebut dengan istilah debugging.

Memang terkadang sejarah tercipta dari sebuah ketidaksengajaan.

 

 

Jelambar, 23 September 2018, pernah dimuat di oyibanget.com dengan judul Asal Muasal Istilah Bug Pada Dunia Komputer Berasal Dari Peristiwa Ini

Sumber Foto: ericp27.deviantart.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.