It’s Time to Learn Geography NOW!

Geografi adalah salah satu pelajaran yang penulis favoritkan (jangan dicampur dengan geologi). Sejak kecil, penulis sudah gemar membaca atlas dan mengamati negara-negara yang tersebar di berbagai benua.

Oleh karena itu, sewaktu tanpa sengaja oleh Youtube diberi saran untuk menonton channel Geography Now episode Indonesia, penulis langsung menontonnya. Penulis penasaran bagaimana Indonesia di mata orang asing.


Apa Itu Geography Now?

Geography Now dipandu seseorang yang bernama Paul Barbato atau akrab disapa Barby. Ia membuat channel ini karena ingin menjelaskan semua negara sesuai abjad dan telah dimulai sejak tahun 2014.

Terdapat empat sesi pada setiap episodenya, yakni:

  • Political Geographic, menjelaskan tentang batas-batas teritorial negara
  • Physical Geographic, menjelaskan tentang keadaan alamnya
  • Demographics, menjelaskan tentang orang-orang yang hidup di dalamnya, dan
  • Friendzone, menjelaskan tentang wanita yang hanya menganggap kita teman hubungan diplomatik antar negara

Pada episode awal-awal, terdapat satu sesi yakni dissecting the flag yang menjelaskan makna bendera tiap negara. Akan tetapi, pada selanjutnya bagian ini dibuatkan video sendiri, yang digabungkan dengan sesi fanmail.

Subscriber Geography Now sendiri telah lebih dari satu juta orang, termasuk tinggi untuk kategori pendidikan.

Mengapa Penulis Suka?

Semenjak melihat episode Indonesia, penulis mencoba negara-negara lain yang menarik, seperti Jepang dan Korea Selatan. Setelah itu penulis memutuskan untuk menontonnya urut dari yang terbaru hingga terlama.

Karena seringkali menyinggung episode sebelumnya, penulis mengubah strategi. Penulis memutuskan untuk menonton mulai episode pertama, yakni Afganistan yang kualitasnya waktu itu masih buruk.


Barby menerangkan pelajaran geografi yang seringkali terdengar membosankan menjadi sangat menarik dengan kemampuan berbicara dengan cepatnya. Belum lagi banyaknya unsur komedi yang disisipkan pada tiap episodenya.

Negara yang dibahas oleh Barby hanya negara-negara yang diakui oleh PBB, sehingga ketika kita tidak akan menemukan negara seperti Palestina. Akan tetapi, ia berjanji akan membahasnya setelah semua negara A-Z selesai dibahas, ketika episode Zimbabwe selesai tayang.

Penulis telah melihat semua negara yang diulas oleh Barby. Sejauh ini, favorit penulis adalah episode Islandia yang sangat lucu karena banyak istilah-istilah yang pronunciation-nya membuat lidah terbelit.

Hingga kini channel Geography Now telah mencapai negara Moldova yang terletak di Eropa. Episode selanjutnya, Monaco, akan tayang pada tanggal 31 Oktober 2018.

Stay tuned, stay cool.

 

 

Jelambar, 24 Oktober 2018, terinspirasi setelah menonton banyak episode Geography Now

Foto: youtube.com

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.