Jessica Oh Jessica…

Dulu zaman waktu masih suka Korea, penulis menyukai girlband So Nyuh Shi Dae (SNSD) atau Girls’ Generation. Hal tersebut terjadi ketika penulis masih duduk di bangku SMA karena (uhuk) doi merupakan penggemar boyband Super Junior.

Penulis mendengarkan dan menonton video-video mereka. Tidak hanya music video terbaru mereka, penulis juga menonton banyak variety show baik sebagai bintang tamu ataupun acara mereka sendiri.

Dari variety show tersebut, penulis dapat membayangkan bagaimana karakter dan sifat mereka di luar panggung. Masing-masing memiliki kepribadian yang berbeda.

Jika ditanya siapa member favorit, dulu penulis suka berganti-ganti bias tergantung mood. Tapi jika ditanya sekarang, mungkin penulis akan menjawab Jessica Jung.

Tidak ada alasan khusus, hanya suka aja. Di balik sikap dinginnya, Jessica atau Sica memiliki kepribadian yang menarik, suara yang enak didengar, dan paras yang menawan.

Bahkan, penulis memberi nama salah satu karakter wanita di novel Leon dan Kenji dengan nama Jessica. Karena itulah, penulis ingin menulis sedikit tentangnya.

Hengkangnya Jessica

Jessica dan SNSD (Ticket Go)

Penulis berhenti mengikuti perkembangan SNSD semenjak tahun 2013. Banyak alasan yang melatarbelakangi hal tersebut, salah satunya adalah ingin kembali ke jati diri sebagai penggemar musik rock.

Oleh karena itu, penulis terkejut bukan main ketika mendengar kabar bahwa Jessica keluar dari SNSD pada bulan September 2014. Sebelas bulan berselang, ia juga hengkang dari SM Entertainment.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan hengkangnya Jessica, mulai dari kesibukan bisnis fashion yang ia rintis hingga diusir oleh SM Entertainment dan teman-teman satu grupnya.

Alasan terakhir lah yang paling membuat kaget.

Setahu penulis, ada sebuah tagline dari SNSD yang berbunyi The Power of Nine. Diusir oleh teman satu grup yang telah bertahun-tahun kerja sama tentu membuktikan bahwa tagline tersebut hanya bullshit semata.

Tapi jika mengingat-ingat variety show yang pernah penulis tonton sebelumnya, memang ada indikasi bahwa Jessica tidak begitu akur dengan anggota lainnya.

Bisa jadi karena ketidakcocokan, bisa jadi karena Jessica memiliki sifat yang tidak disukai oleh rekan-rekannya. Beberapa video yang baru penulis tonton akhir-akhir ini juga semakin memperkuat dugaan tersebut.

Memang ada sumber yang menyebutkan bahwa Jessica memang sudah berkeinginan keluar dari SNSD sejak lama. Bahkan, Sica dianggap hanya menjadikan perannya di SNSD sebagai kerja sampingan semenjak sibuk dengan usahanya.

Mana yang benar? Hanya mereka dan Tuhan yang mengetahuinya.

Jessica dan Karir Solonya

Jessica Sebelum Debut (Koreaboo)

Lahir pada tanggal 18 April 1989 di rumah sakit San Fransisco yang sama dengan Tiffany, Jessica adalah anggota pertama yang direkrut oleh SM untuk membentuk girlband yang nantinya akan menjadi SNSD.

Ia menandatangai kontrak pada tahun 2000 sebagai trainee. Artinya, butuh waktu 7 tahun bagi Jessica untuk melakukan debut pertamanya sebagai member SNSD. Dibandingkan dengan member lain, waktu trainee Jessica adalah yang terlama.

Keluarnya Sica dari SNSD bukan berarti ia akan menganggur. Seperti yang sudah penulis jelaskan di atas, ia memiliki bisnis fashion yang diberi nama Blanc & Enclare. Ia juga menjadi brand ambasaddor dan model untuk beberapa merek terkenal.

Selain itu, ia juga memulai karir solonya di bawah naungan Coridel Entertainment dan telah mengeluarkan tiga mini album. Dari pengamatan penulis, karir solonya ini tak secemerlang ketika masih bergabung dengan SNSD.

Ada gosip yang mengatakan ia keluar dari SNSD agar bisa menikah. Tapi hingga kini, belum terdengar kabar isu tersebut berubah menjadi kenyataan.

Putusnya Silahturami

Ulang Tahun Tiffany (Xtra)

Yang sedih adalah putusnya silahturami Jessica dengan para member SNSD lainnya. Ketika Tiffany mengadakan pesta ulang tahun pada bulan Agustus kemarin, hanya ada 7 member yang ikut merayakannya.

Padahal Tiffany, Seohyun, dan Sooyoung telah resmi keluar dari SM Entertainment. Hal ini membuktikan bahwa mereka masih bisa menjalin hubungan dengan para member yang masih bertahan.

Penulis membayangkan apa yang ada di dalam pikiran Jessica melihat mantan rekan-rekannya tersebut berkumpul bersama-sama. Apakah ia sudah tidak peduli, atau merasa iri, atau malah merasa bersalah? Entahlah.

Dalam salah satu wawancara, Sica menyebutkan ia masih berkomunikasi dengan beberapa member yang sayangnya tidak disebutkan siapa saja. Para fans menebak mereka adalah Tiffany, Yoona, Sooyoung, atau Sunny.

Penutup

Jessica tetaplah Jessica di manapun ia berada. Diasingkan dari kelompok yang telah bersama selama belasan tahun tentu bukan hal yang mudah untuk dihadapi.

Meskipun tak mengenalnya secara personal, penulis merasa ia adalah pribadi yang kuat dan mampu bertahan dari setiap masalah yang menghampiri. Apalagi, ia memiliki adik yang sangat akrab dengannya, Krystal Jung.

Penulis juga penasaran, bagaimana sepak terjang dari Jessica setelah ini. Apakah ia lanjut di dunia hiburan setelah terakhir mengeluarkan album pada tahun 2017? Atau ia befokus dengan bisnisnya yang telah tersebar di banyak negara? Menarik untuk disaksikan.

 

 

Kebayoran Lama, 4 November 2019, terinspirasi begitu saja, mungkin karena lagi ingin nulis yang santai-santai

Foto: Tapatalk