Komedi Tolol Ala Saiki Kusuo (Bagian 1)

Mungkin karena sejak kecil suka baca komik, Penulis menyukai komedi yang bersifat komikal seperti yang biasa ditemukan di Doraemon ataupun Kobo-chan.

Ketika mulai sering menonton anime, Penulis pun kerap mencari anime komedi yang hanya berpusat pada kejadian sehari-hari, namun lucunya dapat.

Di masa-masa yang penuh tekanan seperti sekarang, Penulis membutuhkan komedi untuk melemaskan pikiran. Untungnya, Ayu menyarankan Penulis untuk menonton anime The Disastrous Life of Saiki K. (Saiki Kusuo no Sai-nan).

Sekilas Tentang Anime Saiki Kusuo

Apa Itu Saiki Kusuo? (Imgur)

Waktu pertama kali mendapatkan rekomendasi untuk menonton anime ini, Penulis sedikit skeptis. Selain karena tidak mendengar namanya, Penulis ragu kalau anime ini berhasil membuat Penulis terhibur.

Kenyatannya, Penulis salah besar. Bahkan bisa dibilang anime ini adalah yang paling lucu di antara anime lain yang pernah Penulis tonton. Tololnya natural!

Penulis menghabiskan dua season-nya dengan sangat cepat. Meskipun animenya slice of life yang antar episode jarang memiliki kesinambungan, Penulis ingin saja tertawa lagi dan lagi.

Setelah menamatkan dua season-nya, Penulis merasa kurang puas dan memutuskan untuk mencari informasi apakah masih ada episode atau season lain.

Untunglah ada. Anime ini memiliki satu episode spesial yang menurut Penulis sangat bagus (dari komedi dan segi cerita) dan season 3: Reawakened yang rilis di Netflix.

Pada bagian kedua, Penulis akan jelaskan mengapa episode spesialnya sangat spesial, setidaknya untuk Penulis.

Kekuatan Super Sang Cenayang

Punya Kekuatan Cenayang (Imgur)

Anime ini berpusat pada karakter utama yang bernama Saiki Kusuo.  Kita akan mendengarkan narasinya sepanjang cerita, di mana kebanyakan merupakan gerutuan dan kejujuran isi hati.

Ia menjadi karakter utama bukan hanyar karena rambutnya yang berwarna merah muda dan menggunakan dua antena, melainkan karena kekuatan-kekuatan cenayang yang dimilikinya

Sebutkan kemampuan apapun yang Pembaca inginkan, kemungkinan besar Saiki memilikinya. Membaca pikiran? Telepati? Terbang? Teleportasi? Mengulang waktu? Jadi transparan? Mengubah realita? Semuanya bisa!

Sayangnya anime ini buka anime action sehingga permasalahan yang dihadapi pun hanya permasalahan sehari-hari yang menggelikan. Di sinilah salah satu kekuatan utama anime ini.

Ada satu konflik besar yang dihadapi oleh Saiki, yakni meletusnya sebuah gunung yang bisa menyebabkan kehancuran Bumi.

Saiki berusaha menghentikan bencana tersebut dengan kekuatannya, namun belum pernah berhasil. Alhasil, ia “hanya” bisa mengembalikan waktu satu tahun sebelum letusan.

Maka jangan heran jika di animenya ia terlihat tidak pernah naik kelas, selalu kelas 2 SMA. Penulis akan bercerita lebih detail pada bagian kedua nanti.

Saiki Kusuo, Sang Karakter Utama

Jadi Narator Juga (Imgur)

Saiki sendiri digambarkan sebagai sosok yang berusaha tidak menjadi perhatian. Kekuatannya berusaha ia sembunyikan rapat-rapat. Hanya pihak keluarga dan teman sesama cenayang yang mengetaui kenyataan ini.

Oleh karena itu, Saiki berusaha untuk menjadi orang yang normal dan rata-rata. Bahkan, ia tidak pernah berbicara secara langsung. Ia hanya memanfaatkan kemampuan telepatinya jika ingin menyatakan sesuatu ke orang lain.

Meskipun terkesan cuek dan egois, Saiki tidak bisa mengabaikan orang lain yang sedang ada masalah begitu saja. Ia kerap memanfaatkan kekuatannya secara diam-diam untuk menolong mereka. Saiki juga tidak pernah menyalahgunakan kekuatannya untuk berbuat kriminal.

Kemampuan membaca pikirannya membuat hidupnya terasa membosankan. Tak jarang ia mendapatkan spoiler ketika akan menonton film di bioskop. Ia juga tidak pernah bisa diberi kejutan karena bisa menebaknya.

Orangtua Saiki (Saiki Kusuo no Sai Nan Wikia)

Apakah orangtua Saiki juga berkekuatan super? Tidak, orangtuanya hanya manusia biasa. Tidak pernah dijabarkan mengapa Saiki bisa memiliki kekuatan cenayang. Kakaknya memang jenius, tapi tidak memiliki kekuatan yang sama.

Kekuatan Saiki sangat besar. Antena ada yang ada di atas kepalanya berfungsi untuk mengendalikan kekuatan tersebut. Ia menggunakan kacamata agar orang yang menatap dirinya tidak berubah menjadi batu layaknya Medusa.

Terlepas dari kekuatannya yang besar, Saiki masih memiliki sesuatu yang normal. Ia sangat menyukai jeli kopi, terkadang membaca buku dan menonton televisi, serta sangat benci dengan serangga terutama kecoak.

Sayangnya, keinginan Saiki untuk bisa hidup normal selalu terganggu berkat orang-orang yang ada di sekitarnya.

***

Awalnya, Saiki berusaha menghindari orang lain dan tidak ingin memiliki teman. Hanya saja, ia seperti magnet sehingga selalu dikelilingi oleh teman-temannya.

Mereka inilah yang membuat anime Saiki Kusuo begitu kocak karena ketololan-ketololan yang terjadi. Semua karakter punya peran yang penting untuk membuat Penulis tertawa terbahak-bahak.

Saking istimewanya semua karakter tersebut, Penulis akan membahasnya lebih rinci pada bagian kedua!

 

Bersambung…

 

 

Kebayoran Lama, 10 Mei 2020, terinspirasi setelah menonton semua episode Saiki Kusuo

Foto: Imgur