Komedi Tolol Ala Saiki Kusuo (Bagian 2)

Salah satu alasan terkuat mengapa Penulis sangat menyukai anime Saiki Kusuo adalah karena kehadiran karakter-karakternya. Tidak hanya Saiki, tapi juga orang-orang yang ada di sekitarnya baik keluarga, teman sekolah, dan lain sebagainya.

Sebagai tribute untuk mereka semua, Penulis akan membahas mereka dalam satu tulisan sendiri!

Keluarga Saiki

Keluarga Saiki (Pinterest)

Dari keluarganya saja, sudah ada banyak keunikan yang dimiliki oleh keluarga Saiki.

Ia memiliki seorang ayah (Saiki Kuniharu) yang ceroboh dan kerap mengemis dengan berlinang air mata agar ia mendapatkan pertolongan dari kekuatan super anaknya. Benar-benar bukan sosok yang layak menyandang gelar kepala keluarga.

Sebaliknya, Saiki memiliki seorang ibu (Saiki Kurumi) yang baik dan lembut. Salah satunya alasan mengapa Saiki tidak pernah menggunakan kekuatan cenayangnya untuk perbuatan buruk adalah karena ibunya.

Saiki juga memiliki seorang kakak jenius bernama Saiki Kusuke. Kakaknya ini adalah orang yang kompetitif dan selalu ingin mengalahkan adiknya. Hasilnya? Ia selalu kalah dari adiknya. Selain itu, Saiki juga memiliki seorang kakek tsundere dan nenek.

Teman-Teman Sekolah Saiki

Saiki bersekolah di PK Academy. Di sekolah tersebut, ia dikelilingi oleh teman-temannya yang unik sekaligus konyol. Mereka inilah yang mendominasi serial anime Saiki Kusuo.

Nendou Riki

Nendou Riki (Gfycat)

Terlepas penampilannya yang sangar dan mirip dengan anggota Srimulat, Nendou Riki merupakan sosok yang baik, lugu, dan selalu memanggil Saiki dengan kata “Sobat”.

Nendou merupakan satu-satunya orang yang pikirannya tidak bisa dibaca oleh Saiki karena kebodohan yang dimiliki. Teman-temannya butuh memberi penjelasan berkali-kali agar bisa membatnya paham.

Ia juga tipe orang family man dan hanya tinggal berdua dengan ibunya. Ayahnya telah wafat meskipun sering muncul di animenya sebagai sesosok hantu.

Kaidou Shun

Kaidou Shun (Twitter)

Kemunculan Kaidou Shun selalu mengundang tawa Penulis karena diiringi oleh lagu Judgement Knight of Thunder yang sangat pas dengan kepribadiannya. Bahkan, Penulis mendownload lagu tersebut dan menjadikannya sebagai alarm.

Kaidou adalah seorang chuunibyou yang merasa dirinya memiliki kekuatan super. Hal ini didasari sifat pemalunya. Bahkan, sebelum masuk SMA ia sama sekali tidak memiliki teman.

Kaidou juga sangat buruk dalam aktivitas yang berkaitan dengan fisik seperti olahraga. Delusi dan imajinasi yang sering ia tampilkan membuatnya terlihat sangat kocak. Usahanya untuk terlihat keren justru terlihat sebaliknya.

Teruhashi Kokomi

Teruhashi Kokomi (Amino)

Ketika muncul pertama kali, Teruhashi Kokomi terlihat sombong karena ia merupakan gadis tercantik sekaligus paling populer di sekolah. Bahkan ia memiliki semacam aura keemasan yang selalu menyelimuti dirinya.

Ia juga pandai bicara untuk memikat hati orang lain. Seringnya, ia mendengar kata “oh” ketika ada orang lain mengagumi kecantikannya. Sayangnya, hal tersebut tidak pernah ditunjukkan oleh Saiki. Akibatnya, Teruhashi pun berambisi untuk membuat Saiki terpikat dengannya.

Selain itu, Teruhashi juga lihai menyembunyikan emosinya untuk mempertahankan imej sempurna yang sudah melekat padanya. Obsesinya ke Saiki membuat karakternya perlahan-lahan berubah. Hubungannya dengan karakter utama menjadi salah satu favorit Penulis di animenya.

Kuboyasu Aren

Kuboyasu Aren (Tumbral.com)

Terlepas dari penampilannya yang biasa-biasa saja, Kuboyasu Aren merupakan mantan preman yang suka berbuat onar. Ketika baru pindah ke PK Academy, ia terlihat sangat mudah marah hanya karena sebuah peristiwa sepele.

Hanya saja setelah berkumpul dengan Saiki, Nendou, dan Kaidou, sifatnya perlahan-lahan mulai melembut. Ia juga memiliki jiwa pemimpin yang kuat dan rela membantu orang lain.

Yumehara Chiyo

Yumehara Chiyo (Milkcananime)

Awalnya Penulis mengira kalau Yumehara Chiyo hanya karakter figuran yang hanya akan muncul sekali dua kali. Ternyata, ia justru menjadi teman dekat dari Teruhashi Kokomi.

Yumehara adalah tipe gadis romantis yang mudah terpikat dengan laki-laki. Ia pernah jatuh cinta kepada Saiki, sebelum yang bersangkutan membuatnya jatuh cinta dengan Kaidou. Perasaan cintanya mudah berubah-ubah, persis ABG labil.

Mera Chisato

Mera Chisato (Twitter)

Mera Chisato digambarkan sebagai perempuan yang sedikit ceroboh dan memiliki nafsu makan yang sangat besar. Ia digambarkan sebagai seorang gadis miskin yang harus bekerja keras demi menghidupi keluarganya.

Bahkan ia pernah bercerita kalau dirinya memakan rumput jika tidak ada makanan. Kemampuan survival-nya di atas rata-rata, seperti yang ditunjukkan ketika Saiki dan kawan-kawan terdampar di pulau terpencil.

Hairo Kineshi

Hairo Kineshi (Funimation)

Sebagai ketua kelas Saiki, Hairo Kineshi terkenal sebagai remaja yang berapi-api dengan tubuh berotot. Ia selalu bisa diandalkan sehingga cukup populer. Ia juga kerap terlihat terlalu bersemangat hingga memengaruhi orang-orang yang ada di sekitarnya.

Hairo tidak bisa melihat orang lain kesusahan. Ia pasti akan memberikan pertolongan. Dibandingkan dengan karakter pendukung lain, Hairo bisa dibilang cukup normal.

Saiko Metori

Saiko Metori (Twitter)

Anak sultan pindahan, Saiko Metori, adalah karakter yang bergelimang dengan harta. Ia sangat narsis, hobi pamer kekayaan, dan sombong karena sepanjang hidupnya selalu dimanjakan.

Sama seperti kebanyakan laki-laki di anime ini, ia ingin mendapatkan perhatian Teruhashi bahkan ingin menjadikannya kekasih. Berkumpul bersama Saiki dan kawan-kawan membuatnya sadar kalau tidak semuanya bisa dibeli dengan uang.

Toritsuka Reita

Toritsuka Reita (YouTube)

Toritsuka Reita merupakan salah satu karakter di luar keluarga yang mengetahui kemampuan cenayang Saiki. Hal ini dikarenakan ia sendiri memiliki kekuatan super, yakni mampu berinteraksi dengan makhluk halus.

Ia digambarkan sebagai karakter yang mesum dan rela berbuat apa saja demi membuat gadis-gadis jatuh cinta kepadanya. Ia pernah membuat pengakuan kalau ia iri dengan kemampuan Saiki dan ingin menggunakannya untuk hal-hal mesum.

Mikoto Aiura

Mikoto Aiura (Saiki Kusuo no Psi Nan Wiki-wordmark – Fandom)

Sama seperti Toritsuka, Mikoto Aiura adalah orang yang memiliki kekuatan psikis dan mengetahui rahasia Saiki. Kemampuannya adalah meramal dan kerap menggunakannya untuk membantu orang lain.

Mikoto juga termasuk tipe wanita yang suka berbicara secara blak-blakan. Secara fisik, ia terlihat sebagai cewek cabe-cabean yang sedikit liar. Kepribadiannya yang santai membuatnya bisa akrab dengan siapapun.

Karakter-Karakter Lainnya

Selain nama-nama di atas, masih banyak bangetkarakter di anime Saiki Kusuo yang sangat khas dan memberikan warna tersendiri untuk kelucuan jalan ceritanya.

  • Iguchi Takumi, seorang guru yang kerap dicap mesum karena ekspresi mukanya yang menggelikan.
  • Akechi Touma, teman masa kecil Saiki dan mengetahui kemampuan cenayang miliknya.
  • Satou Hiroshi, karakter yang dikagumi oleh Saiki karena kenormalan yang dimilikinya.
  • Suzumiya Hii, murid pindahan yang selalu sial.
  • Takahashi, teman kelas Saiki yang merupakan figuran namun juga bisa menimbulkan gelak tawa berkat aksinya yang menggelikan.
  • Rifuta Imu, adik kelas Saiki yang ingin merebut kepopuleran yang dimiliki oleh Teruhashi.
  • Teruhashi Makoto, kakak Teruhashi Kokomi yang memiliki semacam siscon karena terobsesi secara berlebihan kepada adiknya sendiri.
  • Chouno Uryoku dan asistennya Michael, pesulap amatir yang menganggap Saiki sebagai master mereka.
  • Iridatsu Yuuta, anak tetangga Saiki yang merupakan penggemar Cyborg Cyder-man.
  • Anpu, seekor kucing yang berambisi untuk meluluhkan hati Saiki namun selalu gagal.

Sebenarnya masih ada banyak sekali karakter lainnya seperti orangtua Nendo. Akan tetapi, nampaknya cukup di sini atau tulisan ini akan mejadi terlalu panjang.

***

Anime Saiki Kusuo memiliki cukup banyak episode, sehingga tentu ada yang menjadi favorit Penulis. Pada tulisan bagian ketiga, Penulis akan bercerita mengenai episode-episode favorit Penulis dari anime kocak ini!

 

 

Kebayoran Lama, 17 Mei 2020, terinspirasi setelah menonton semua episode Saiki Kusuo

Foto: Netflix

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.