Sejarah Perpecahan Islam dan Hikmah yang Bisa Dipetik

Dalam sejarah, sayang sekali banyak terjadi perpecahan antara umat muslim. Mungkin perpecahan pertama yang terjadi setelah Rasulullah wafat adalah ketika khalifah Ali memutuskan untuk tidak menghukum pembunuh khalifah Utsman. Semenjak itu, beberapa kali tertulis peristiwa sejarah dimana umat muslim saling memerangi demi kekuasaan semata.

Seharusnya, kita bisa belajar dari sejarah ini jika perpecahan dalam tubuh Islam hanya akan membawa kita kehancuran. Andai kata tidak ada perpecahan, mungkin Spanyol akan menjadi salah satu negara Islam di Eropa. Mungkin kita tidak akan kelabakan ketika barat mulai menyusul dengan berbagai inovasinya (dan invasinya). Mungkin Islam akan menjadi kekuatan adidaya, mengalahkan negara yang sekarang sedang dipimpin oleh pebisnis.

Namun apa yang sudah terjadi tentu tidak perlu disesali karena segala sesuatu pasti memiliki hikmahnya sendiri. Yang bisa kita lakukan sekarang adalah menjaga persatuan umat muslim, minimal di lingkungan dan negara kita. Suatu saat, bukan mustahil Islam akan kembali ke era keemasannya.

 

Lawang, 5 Januari 2018, setelah membaca buku Lost Islamic History karya Firas Alkhateeb

Sumber Foto:

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.