Tuan Rumah Lagi Setelah 56 Tahun

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah tidak lepas dari pengunduran diri Vietnam, membuat Indonesia untuk kedua kalinya menjadi negara penyelenggara Asian Games setelah tahun 1962 atau 56 tahun yang lalu.

Kala itu, Asian Games telah masuk ke pagelaran yang keempat kalinya, setelah yang pertama diadakan di New Delhi, India, pada tahun 1951. Gelora Bung Karno menjadi tempat yang bersejarah karena pada tempat tersebut diadakan opening ceremony, sesuatu yang diulang pada tahun ini.

Trainer penulis sempat berkelakar, logo yang digunakan pada tahun tersebut membuktikan keberanian bung Karno. Bagaimana tidak, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang berani meletakkan simbol negara (Garuda Pancasila) di atas simbol Asian Games.

Logo Asian Games 1962 (https://id.wikipedia.org/wiki/Asian_Games_1962)

Pada tahun tersebut, sebanyak 1.460 atlet dari 17 negara berpartisipasi untuk memperebutkan medali pada 15 cabang olahraga yang dipertandingkan, termasuk badminton yang dipertandingkan untuk pertama kalinya di ajang ini.

Jumlah tersebut jelas lebih sedikit jka dibandingkan dengan sekarang, di mana 9.500 atlet dari 45 negara berpartisipasi untuk memperebutkan medali pada 40 cabang olahraga. Total jumlah medali emas yang diperebutkan adalah 462 medali.

Banyak pembangunan yang dilakukan pada tahun 1962 dalam rangka menyambut Asian Games. Bisa dibilang, bangunan dan infrastruktur tersebut merupakan

Dilansir dari wikipedia, pembangunan yang dilakukan antara lain Kompleks Olahraga dan Stadion Senayan yang megah, jalan baru termasuk Jalan M.H. Thamrin dan Gatot Subroto. Jembatan Semanggi, Hotel Indonesia hingga TVRI juga dapat diselesaikan tepat waktu. Selain itu dibangun pula Monumen Selamat Datang yang digagas Presiden Soekarno sebagai lambang keramahan bangsa Indonesia menyambut para peserta Asian Games.

Semoga, pagelaran Asian Games yang kedua ini bisa lebih sukses dan meninggalkan lebih banyak sejarah bagi generasi penerus.

 

 

Jelambar, 5 Agustus 2018, terinsprasi setelah membaca sejarah Asian Games.

Sumber Foto: https://www.youtube.com/watch?v=M2oY6flja2Y

Sumber Artikel: Materi Training Volunteer Asian Games 2018, https://id.wikipedia.org/wiki/Asian_Games_1962

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.