Connect with us

Permainan

Werewolf Ala Sumber Wuni Indah

Published

on

Tahu permainan Werewolf kan? Permainan yang mengajarkan kita untuk berbohong dan berpikir picik berargumentasi dengan emosional logis ini memang sangat seru, apalagi jika dimainkan dengan jumlah orang di atas 10.

Karakter-karakter seperti Seer, Guardian Angel, hingga Gunner sudah banyak diketahui, terutama yang memainkan game ini di aplikasi Telegram.

Akan tetapi, jika karakternya itu-itu saja, tentu akan membosankan bukan? Apalagi rata-rata anggota Karang Taruna di Sumber Wuni Indah termasuk tipe orang mudah bosan terhadap sesuatu.

Oleh karena itu, kami mencoba untuk membuat karakter-karakter baru hasil imajinasi kami sendiri. Tidak tanggung-tanggung, kami menciptakan 22 karakter baru dengan perannya masing-masing.

(Bukan) Warga Desa Biasa

  1. Wizard

“Mempunyai kemampuan untuk mengubah satu orang (siapapun) untuk menjadi villager biasa. Kemampuan ini hanya bisa digunakan satu kali”

  1. Switcher

“Apabila dia mendapatkan vote tertinggi, dia bisa memilih satu orang untuk menggantikan tempatnya. Kemampuan ini hanya bisa digunakan satu kali”

  1. Healer

“Memiliki kemampuan untuk menghidupkan orang yang sudah mati sebanyak satu kali”

  1. Giant

“Karena badannya yang besar, ia akan kebal sekali apabila dibunuh, baik karena dimakan Werewolf, dibunuh Serial Killer, maupun digantung oleh warga. Ia akan mati pada kesempatan kedua”

  1. Homeless

“Tunawisma yang tidak memiliki tempat tinggal. Setiap malam ia berpindah-pindah dari satu rumah ke rumah lainnya. Apabila tim jahat memilih rumah Homeless, ia akan selamat karena ia memang tidak punya rumah. Akan tetapi ketika ia menginap di rumah sasaran tim jahat, ia akan ikut mati. Ia juga akan mati jika memilih rumah tim jahat”

  1. Magician

“Memiliki kemampuan untuk menonaktifkan kemampuan pemain lain selama satu malam. Bisa dilakukan setiap putaran”

  1. Stabber

“Apabila ia menjadi sasaran tim jahat, ia dapat mengorbankan orang lain. Kemampuan ini hanya bisa digunakan satu kali”

Tim Jahat

  1. Alpha Werewolf (tim Werewolf)

“Alpha Werewolf dapat memilih satu korbannya untuk berubah menjadi Werewolf dan bergabung dengannya”

  1. Black Wizard (tim Werewolf)

“Mempunyai kemampuan untuk mengubah satu orang (kecuali werewolf) untuk menjadi werewolf. Kemampuan ini hanya bisa digunakan satu kali. Apabila Black Wizard memilih Werewolf, tidak berefek apapun”

  1. Two-Face (tim Two-Face)

“Apabila diterawang oleh Seer maupun dikunjungi Homeless, ia adalah villager biasa. Padahal, ia adalah pembunuh yang tak kalah kejam dari Serial Killer”

  1. Joker (tim Joker)

“Sang pangeran kejahatan, agent of chaos. Setiap malam ia bisa merekrut orang untuk masuk ke dalam timnya. Orang yang dipilih tetap memiliki kemampuannya, termasuk Werewolf dan Serial Killer sekalipun. Jika Joker mati, orang yang telah direkrut tetap menjadi tim Joker walaupun tidak tahu siapa saja yang termasuk ke dalam tim Joker. Tujuan Joker cuma satu, menciptakan kekacuan”

  1. Bandit (bebas memilih bergabung dengan tim jahat yang mana)

“Pencuri yang bisa besekongkol dengan tim jahat manapun. Setiap malam ia beraksi untuk mencuri berbagai peralatan. Pemain yang barangnya diambil oleh Bandit (contoh: Bandit mencuri pistol milik Gunner) akan kehilangan kemampuannya, hingga sang Bandit mati. Bandit baru bisa mencuri lagi apabila korban pencuriannya sudah mati.”

 Tim Netral

  1. Stealer

“Memiliki kemampuan untuk mencuri kemampuan orang lain dan membuat orang tersebut menjadi warga desa biasa”

  1. Duplicator

“Sama seperti Doppel, namun tidak perlu menunggu orang yang dipilih mati untuk mengaktifkan kemampuannya”

Gunner’s Family

Gunner termasuk peran yang disukai oleh pemain Werewolf karena kemampuannya, walaupun karakter ini bisa membuat sombong pemainnya. Karena itu, dibuatlah beberapa variannya.

  1. Snipper

“Sama seperti Gunner, ia memiliki dua peluru perak yang bebas ditembakkan kepada siapapun. Bedanya, ia hanya bisa menembak di malam hari”

  1. Suicide Squad

“Ia bisa membunuh dirinya sendiri sambil membawa satu orang untuk ikut mati”

  1. Weapon Supplier

“Apabila ia mati, ia bisa mewariskan satu pistol yang berisikan satu peluru kepada siapapun, termasuk tim jahat”

  1. Pupil Gunner

“Apabila Gunner mati atau tidak ada Gunner sama sekali, ia menjadi Gunner dengan satu peluru”

  1. Archer

“Bisa menembakkan panahnya satu kali di siang hari, namun langsung mengenai dua sasaran sekaligus”

Mayor’s Emperor (Tim Villager)

Pada permainan aslinya, Mayor hanya berfungsi ketika vote, karena nilainya votenya dihitung dua suara. Agar lebih seru, kemampuan Mayor kami tingkatkan lagi agar memiliki peranan yang vital sebagai kepala desa.

  1. Mayor

“Kepala desa yang selalu ingin melindungi rakyatnya. Ia memiliki dua suara ketika vote dan bisa membatakan hasil vote sebanyak tiga kali”

  1. Guard

“Apabila Mayor menjadi target sasaran pembunuhan, Guard akan mengorbankan dirinya untuk melindungi sang Mayor”

  1. Executioner

“Tukang jagal desa. Apabila terdapat seorang Mayor, Executioner dapat memenggal satu kepala sesuai dengan arahan Mayor. Jika tidak ada Mayor, ia hanya seorang warga desa biasa yang berjualan daging”

 

 

Perpustakaan Nasional Lantai 24, 14 Maret 2018, ditulis karena permintaan dari Daffa, salah satu anggota Karang Taruna

Permainan

Koleksi Board Game #24: Saboteur: The Dark Cave

Published

on

By

Di antara semua board game yang Penulis miliki, salah satu judul yang paling awal Penulis mainkan adalah Saboteur. Board game ini adalah salah satu dari sekian banyak koleksi board game Pandu yang Penulis putuskan untuk memilikinya, bersama Monopoly dan Catan.

Walau begitu, sebenarnya ada satu kekurangan dimiliki oleh Saboteur asli, yakni tingkat kesulitan pihak Saboteur-nya untuk bisa menang. Oleh karena itu, sewaktu mengetahui ada Saboteur dengan konsep tim versus tim, Penulis langsung tertarik.

Berjudul Saboteur: The Dark Cave, ini adalah kali pertama Penulis membeli sekuel dari sebuah board game. Sebelumnya, berdasarkan nasihat atasan Penulis di kantor yang juga kolektor board game, Penulis lebih berfokus membeli board game yang benar-benar baru untuk memperluas jenis koleksi.

Detail Board Game Saboteur: The Dark Cave

  • Judul: Saboteur: The Dark Cave
  • Desainer: Fréderic Moyersoen
  • Publisher: AMIGO
  • Tahun Rilis: 2022
  • Jumlah Pemain: 2-8 pemain
  • Waktu Bermain: 45 menit
  • Rating BGG: 6,4
  • Tingkat Kesulitan: 1.67/5
  • Harga: Rp255.000

Cara Bermain Saboteur: The Dark Cave

Jika pada Saboteur asli konsepnya adalah siapa yang menemukan emas di dalam gua terlebih dahulu, maka di Saboteur: The Dark Cave justru tentang bagaimana keluar dari gua setelah mendapatkan emas.

Ceritanya, akan ada dua tim yang bersaing dalam hal tim mana yang berhasil keluar dari gua dengan total emas terbanyak. Dua klan di permainan ini adalah Golden Axe Clan (kuning) dan Blue Moon Dwarves (biru).

Masalahnya, di masing-masing tim (klan) akan ada Saboteur yang pastinya akan mempersulit kita karena aslinya mereka bekerja untuk tim lawan! Konsepnya pun mirip-mirip dengan versi aslinya, di mana mereka harus menyabotase setiap langkah kita untuk bisa mencapai finis.

Setup Saboteur: The Dark Cave

Untuk setup-nya juga berbeda dengan versi aslinya. Permainan akan dimulai dari tengah dengan empat titik finis (kartu Goal) yang terletak di ujung. Ukuran arenanya sendiri tergantung jumlah pemain, 7×7 untuk 6 – 8 pemain dan 7×9 untuk 2 – 5 pemain.

Lalu, bagi pemain ke dalam tim kuning atau biru dengan membagikan kartu Klan. Ingat, walaupun kartu memiliki background warna yang sama, apa yang di baliknya bisa berbeda yang menandakan kalau orang tersebut adalah Saboteur.

Setelah itu, pemain bisa memilih karakter sesuai dengan klannya. Salah satu hal yang menarik dari Saboteur: The Dark Cave adalah adanya miniatur karakter yang digunakan untuk menandai ke mana kita akan melangkah.

Terakhir, para pemain akan mendapatkan beberapa kartu action yang akan digunakan dalam permainan. Dalam Saboteur: The Dark Cave, ada tiga tingkatan kartu action yang bisa digunakan.

Urutan Bermain dan Kartu-Kartu di Saboteur: The Dark Cave

Karakter Saboteur: The Dark Cave (Jukukeskus)

Selesai setup, maka permainan pun bisa dimulai. Setiap ronde, pemain harus memainkan satu kartu dari tangannya, entah itu kartu Jalan maupun Action. Kalau tidak bisa atau tidak mau memainkan kartu, pemain bisa membuang satu atau dua kartu dari tangannya.

Kartu Jalan di sini memiliki aturan penempatan yang sama dengan Saboteur asli. Yang membedakan adalah ada beberapa jenis jalan spesial, seperti:

  • Dark Hole: Memunculkan Monster
  • Ladder: Bisa membuat kita “teleportasi” dari satu tangga ke tangga lain
  • Bridge: Menyambungkan dua titik di mana pemain harus membayar satu kartu untuk menyeberanginya
  • Double Bend with Tunnel: Pemain bisa memotong jalan dengan membayar satu emas
  • Gold Vein: Pemain akan mendapatkan emas jika mencapai lokasi ini

Untuk kartu Action sendiri mirip-mirip dengan Saboteur aslinya, tapi lebih menarik. Berikut adalah daftar kartu Action-nya:

  • Secret Information: Pemain bisa mengintip salah satu kartu Goal atau kartu Klan pemain
  • Rockfall: Buang satu kartu jalan yang tidak memiliki pemain ataupun karakter
  • Swap Card: Menukar kartu tangan dengan pemain lain
  • Spiderweb: Meletakkan Spider Token yang akan menghalangi pemain untuk melewati jalan tertentu
  • Boots (Tools): Jika pemain menggunakan kartu ini, jumlah langkah setiap putarannya bertambah satu (efek berlaku terus)
  • Axe (Tools): Jika pemain menggunakan kartu ini, pemain bisa membunuh monster atau menyingkirkan Spiderweb (tidak bisa digunakan langsung)

Setelah memainkan kartu dari tangan, secara opsional pemain bisa menggerakkan karakternya hingga maksimal tiga langkah. Dalam kartu Jalan, ada kartu yang membutuhkan satu langkah, tapi ada juga yang membutuhkan beberapa langkah lebih banyak. Kalau sudah, pemain harus menarik satu kartu dari deck.

Monster-Monster di Saboteur: The Dark Cave

Satu elemen lain yang membedakan antara Saboteur: The Dark Cave dengan versi aslinya adalah keberadaan monster yang bisa menyulitkan pemain. Monters ini bisa di-summon pemain dengan menggunakan kartu Action.

Ada tiga monster yang ada di permainan ini, yakni:

  • Rat: Bisa berjalan hingga tiga langkah, pemain yang berhadapan dengan Rat akan kehilangan satu kartu tangan
  • Lindworm: Bisa berjalan hingga empat langkah, pemain yang berhadapan dengan Lindworm akan paralyzed sebanyak satu putaran
  • Goblin: Bisa berjalan hingga lima langkah, pemain yang berhadapan dengan Goblin akan kehilangan satu emas.

Setelah Bermain Saboteur: The Dark Cave

Saboteur: The Dark Cave (Lautapeliopas)

Jika dibandingkan dengan Saboteur asli, Saboteur: The Dark Cave jelas memberikan keseimbangan permainan yang lebih baik dengan opsi aksi yang lebih variatif. Belum lagi keberadaan monster yang bisa menjatuhkan lawan (maupun kawan sendiri).

Tidak ada ceritanya Saboteur kesulitan untuk menang karena kemenangan di permainan ini bukan antara kurcaci melawan Saboteur, melainkan tim biru melawan tim kuning. Memang peran Saboteur jadinya terkesan tereduksi karena tugasnya jadi hanya membantu kawan-kawannya di tim sebelah.

Konsep “misteri” pun tetap dipertahankan karena tidak ada yang tahu di mana pintu keluar guanya. Memang ada kartu yang bisa membuat kita mengintip, tapi informasi tersebut tentu tidak bisa disebarkan karena berpotensi untuk didengarkan oleh tim lawan.

Dari komponen pun jelas lebih baik, karena Saboteur: The Dark Cave tidak hanya terdiri dari kartu-kartu. Emas kini berbentuk token, lalu ada juga token karakter beserta standing-nya yang membuat permainan menjadi lebih hidup.

Jika disuruh menyebutkan kekurangannya, mungkin tentang bagaimana board game ini baru terasa serunya jika dimainkan ramai-ramai. Walaupun bisa dimainkan berdua, keseruannya jelas jauh. Penulis sendiri merekomendasikan setidaknya ada enam pemain.

Selain itu, karena ada tema deduksi juga, permainan ini juga membutuhkan pembohong yang lihai. Jika pemainnya lurus-lurus saja, maka permainan pun akan menjadi membosankan. Saboteur: The Dark Cave membutuhkan pemain yang rusuh!

Skor: 8/10

Saat membeli Saboteur: The Dark Cave, Penulis juga membeli satu board game lain di toko lain. Alasannya, board game ini tidak tersedia di toko langganan Penulis, padahal Penulis sangat penasaran karena pembuatnya sama dengan pembuat Unstable Unicorns.

Board game tersebut adalah Happy Little Dinosaur.


Lawang, 15 September 2024, terinspirasi karena ingin melanjutkan seri artikel board game

Continue Reading

Permainan

Koleksi Board Game #23: Trekking Through History

Published

on

By

Sejarah adalah salah satu topik yang Penulis gemari hingga saat ini. Oleh karena itu, jika ada board game bertemakan sejarah, tentu Penulis tertarik. Itulah mengapa akhirnya Penulis memutuskan untuk membeli Trekking Through History.

Penulis membeli board game ini di toko langganannya dengan harga Rp800 ribu. Menariknya, saat artikel ini ditulis, harganya sudah naik menjadi Rp875 ribu. Bahkan di toko lain di marketplace, harganya sudah di atas satu juta. Jadi investasi, ya?

Tidak hanya secara tema yang menarik, Penulis juga akan menjelaskan mengenai gameplay dan hal-hal lain yang membuat Trekking Through History masuk ke dalam salah satu board game favoritnya.

Detail Board Game Trekking Through History

  • Judul: Trekking Through History
  • Desainer: Charlie Bink
  • Publisher: Underdog Games
  • Tahun Rilis: 2022
  • Jumlah Pemain: 2-4 pemain
  • Waktu Bermain: 30-60 menit
  • Rating BGG: 7,6
  • Tingkat Kesulitan: 1.73/5
  • Harga: Rp800.000 (Sekarang Rp875.000)

Cara Bermain Trekking Through History

Konsep utama dari Trekking Through History adalah perjalanan waktu, di mana kita sebagai pemain akan berperan sebagai penjelajah waktu yang akan mengunjungi momen-momen penting di masa lalu. Ceritanya, kita memiliki tiga hari untuk melakukan perjalanan tersebut.

Untuk objektifnya sendiri, pemain dengan poin tertinggi di akhir permainan akan menjadi pemenangnya. Cara untuk mendapatkan poin ini ada banyak, yang akan Penulis jelaskan lebih detail di bawah ini.

Setup Trekking Through History

Cara Setup Trekking Through History (The Family Gamers)

Setup permainan ini cukup banyak, karena komponen yang dimiliki memang cukup banyak. Pertama, letakkan mat yang panjang di tengah arena. Lalu, letakkan History Cards dengan tanda romawi I (Day 1) di atas mat, jangan lupa jejerkan lima kartu teratas di tempat yang telah tersedia.

Kartu History Cards memiliki beberapa detail. Pertama adalah Hour Cost untuk mengetahui berapa cost untuk mendapatkan kartu tersebut. Setiap pemain memiliki jatah 12 jam per hari, dan pemain yang kehabisan jatah tidak akan bisa melakukan apapun lagi di hari tersebut.

Lalu, ada juga Benefits yang menandakan Experiece Token apa saja yang akan didapatkan pemain jika mengambil kartu tersebut. Yang tak kalah penting adalah Year yang menandakan kapan event pada History Card terjadi. Selain itu adalah info-info seputar peristiwa sejarah yang terjadi pada kartu tersebut.

Selain itu, ada juga Ancestor Cards yang diletakkan di atas deck kartu Event dengan jumlah yang menyesuaikan jumlah pemain. Ancestor Cards ini bersifat sebagai kartu Joker yang bisa diletakkan di mana saja. Selain itu, letakkan Point Tracker di dekat tumpukan Ancestor Cards.

Setelah itu, masing-masing pemain akan mendapatkan empat Itineraries yang digunakan untuk meletakkan Experience Token, di man tiap putaran bebas memilih akan mengunakan Iterneraries yang mana.

Ada empat Experiece Token di sini, yakni Person (berlambang kepala), Event (berlambang kertas), Innovation (berlambang lampu), dan Progress (berlambang batang tumbuhan). Ada juga Wild Experience (berlambang W) yang bisa diletakkan di mana saja.

Selanjutnya, pemain juga akan mendapatkan Crystal Tank untuk menampung Time Crystal yang digunakan untuk mengurangi konsumsi waktu ketika mengambil kartu. Penulis akan jelaskan apa itu maksudnya sebentar lagi.

Terakhir, letakkan Clock yang sangat besar di dekat mat permainan. Setelah itu. letakkan Pocket Watch masing-masing pemain mulai dari angka 12. Kedua komponen ini digunakan untuk tracking seberapa banyak jatah yang telah kita gunakan.

Urutan Bermain Trekking Through History

Setelah setup selesai, pemain secara bergantian akan memilih kartu yang tersedia di mat. Saat memilih kartu, pemain harus membayar cost berupa waktu yang ditandai dengan menggerakkan Pocket Watch di Clock. Konsumsi waktu ini bisa dikurangi dengan menggunakan Time Crystal.

Setelah itu, pemain bisa mengambil Experience Token sesuai dengan yang terdapat di kartu dan lambang Experience Token di mat. Letakkan token-token tersebut di Itineraries dan targetkan untuk memenuhinya agar mendapatkan tambahan poin atau token.

Kartu yang telah diambil bisa kamu susun dalam Trek. Ingat dalam meletakkan kartu di Trek, waktunya harus berurutan dari yang terlama hingga yang terbaru. Jika tidak bisa melakukannya, pemain akan menutup Trek tersebut dan membuat Trek baru.

Jika sudah, maka geser History Card di mat hingga terpenuhi. Proses ini akan terus berulang hingga semua pemain menghabiskan semua jatah waktunya. Setelah itu, pemain akan memasuki Day 2 dan mengulangi proses yang sama. Begitu pula ketika memasuki Day 3.

Menghitung Poin di Trekking Through History

Menghitung poin dilakukan setiap akhir ronde dengan menggerakkan Point Tracker di mat. Dalam setiap ronde, pemain bisa menghitung jumlah poin yang berhasil didapatkan melalui Itenarries-nya. Jangan lupa untuk mengembalikan token yang didapatkan di ronde tersebut.

Sebagai tambahan, di setiap akhir ronde, pemain yang berhasil berhenti tepat di angka 12 akan mendapatkan tiga tambahan poin. Pemain bisa melebihi angka 12, tapi tidak akan mendapatkan tiga tambahan poin.

Di akhir permainan atau setelah tiga ronde, pemain akan menghitung jumlah kartu di setiap Trek yang berhasil dibentuk. Semakin panjang Trek-nya, semakin besar pula poin yang akan didapatkan. Selain itu, Time Crystal yang tidak digunakan juga menambah poin akhir.

Setelah itu, jumlahkan semua poin yang berhasil didapatkan. Pemain dengan poin tertinggi akan menjadi pemenangnya.

Setelah Bermain Trekking Through History

Gambaran Ketika Sudah Bermain Beberapa Ronde (Unfiltered Gamer)

Saat membeli board game ini, Penulis sudah menyadari kalau Trekking Through History tidak akan populer di circle Penulis. Selain cukup mikir karena butuh strategi, tidak ada unsur senggol-senggolan selain berebut kartu yang ada di mat.

Walau begitu, Penulis tetap memutuskan untuk membelinya karena menyukai tema sejarahnya. Apalagi, board game dengan tipe seperti ini disukai oleh adik Penulis, sehingga setidaknya Penulis masih memiliki teman bermain. Mirisnya, Penulis hampir selalu kalah dan hanya satu kali menang.

Meskipun bisa dimainkan hingga empat orang, board game ini menurut Penulis cocok-cocok saja untuk dimainkan berdua. Memang, mayoritas drafting board game seru-seru saja walau hanya dimainkan berdua.

Pemilihan History Card-nya, walau terkesan sepele, ternyata membutuhkan strategi yang jitu agar efektif dan efisien karena adanya jatah 12 jam per hari. Tidak hanya itu, kita juga diharuskan mengumpulkan token yang tepat untuk memenuhi Ittenaries kita.

Alhasil, dalam setiap putaran, waktu yang dibutuhkan bisa cukup lama karena pemain membutuhkan waktu untuk mempertimbangkan kartu mana yang paling menguntungkan dengan cost yang serendah mungkin.

Untungnya, sambil menunggu giliran lawan, kita bisa membaca informasi menarik seputar sejarah yang ada di belakang kartu. Informasi yang diberikan ringkas dan padat, tapi cukup insightful bagi orang-orang yang suka sejarah seperti Penulis.

Dengan banyaknya History Card yang ada, replaybility-nya terbilang cukup tinggi. Sayangnya, walau setiap game pasti berbeda, ada perasaan membosankan jika terus memainkannya karena gameplay-nya memang cukup monoton.

Salah satu poin yang perlu Penulis sorot adalah komponennya. Gila, selain Wingspan, board game ini memiliki kualitas komponen yang luar biasa. Mulai dari mat, token, kartu, dan lainnya benar-benar berkualitas ciamik, sehingga wajar jika harganya semakin mahal.

Saat mencari informasi di internet, ternyata salah satu alasan mengapa harganya menjadi lebih mahal karena sekarang yang beredar di pasaran adalah second edition-nya. Tidak banyak perbedaan, hanya di mode yang terbaru memungkinkan pemain untuk bermain sendirian.

Skor: 8/10

Board game selanjutnya yang akan Penulis bahas sebenarnya merupakan versi lain dari board game yang sudah Penulis miliki. Ini adalah pertama kalinya Penulis melakukan hal tersebut, karena Penulis biasanya memprioritaskan board game yang benar-benar baru.

Board game tersebut adalah Saboteur: The Dark Cave.


Lawang, 9 September 2024, terinspirasi setelah ingin melanjutkan seri artikel board game ini

Continue Reading

Permainan

Koleksi Board Game #22: Chinatown

Published

on

By

Selain Century: Spice Road yang telah dibahas sebelumnya, board game lain yang Penulis mainkan bersama teman-teman ketika nongki di HD’R Comic Cafe adalah Chinatown. Jika di Century: Spice Road kami adu strategi, maka di Chinatown kami adu bacot!

Alasannya, ternyata board game yang satu ini bergenre negosiasi, di mana kita sebagai pemain bisa berinteraksi dengan pemain lain dan melakukan deal tertentu. Tentu, negosiasi bisa menjadi sangat alot karena masing-masing pemain ingin mendapatkan keuntungan terbesar.

Yang jelas, setelah memainkan board game ini di kafe tersebut, Penulis langsung memutuskan untuk membelinya sendiri bersamaan dengan Century: Spice Road. Menariknya, Chinatown langsung menjadi banyak favorit circle Penulis!

Detail Board Game Chinatown

  • Judul: Chinatown
  • Desainer: Karsten Hartwig
  • Publisher: Z-Man Games
  • Tahun Rilis: 1999
  • Jumlah Pemain: 3-5 pemain
  • Waktu Bermain: 60 menit
  • Rating BGG: 7,4
  • Tingkat Kesulitan: 2.24/5
  • Harga: Rp700.000

Cara Bermain Chinatown

Latar dari Chinatown adalah migrasi masyarakat China ke Chinatown di New York. Akan ada enam distrik dan bangunan bernomor 1 hingga 85 yang bisa kita miliki untuk membuka usaha. Permainannya sendiri akan berlangsung sebanyak enam ronde.

Objektif utama dari board game ini adalah mengumpulkan uang sebanyak mungkin, di mana pemain dengan uang terbanyak di akhir permainan menjadi pemenangnya. Uang bisa diperoleh dengan mendapatkan keuntungan dari usaha yang telah dibangun atau menjual tanah/bangunan yang dimiliki.

Ada 12 jenis usaha di Chinatown, yakni Photo, Tea House, Sea Food, Jewellery, Tropical Fish, Florist, Take Out, Laundry, Dim Sum, Antiques, Factory, dan Restaurant. Angka di sudut kanan bawah menunjukkan jumlah maksimal bangunan yang bisa dibangun untuk masing-masing usaha.

Di awal permainan, pemain akan memilih salah satu warna marker yang ada dan mendapatkan modal usaha sebesar $50.000. Setiap ronde, pemain akan mendapatkan kartu bangunan dan token usaha yang jumlahnya menyesuaikan dengan banyaknya pemain. Ada kartu bantu yang bisa memudahkan pemain untuk mengetahi angkanya.

Kartu bangunan menampilkan angka pada papan permainan. Melalui kartu ini, kita akan mendapatkan lahan yang bisa kita bangun menjadi tempat usaha atau ditukarkan dengan pemain lain. Setelah kartu bangunan, kita akan mengambil token usaha yang akan menjadi sumber pemasukan utama kita.

Setelah masing-masing pemain mendapatkan kartu bangunan dan token usaha, maka proses negosiasi bisa dimulai. Sama sekali tidak ada batasan dalam melakukan negosiasi, terserah pemain mau saling tawar-menawar. Mau penawaran yang tidak masuk akal pun silakan saja, walau kemungkinan deal-nya akan menjadi sangat kecil.

Jika sudah tidak ada proses negosiasi lagi, maka pemain bisa mulai meletakkan token usahanya di tanah miliknya. Setelah itu, pemain akan mendapatkan uang sejumlah token usaha yang telah diletakkan. Di kartu bantu, ada daftar uang yang berhak kita dapatkan tergantung jumlah token usaha yang berhasil dibangun.

Pola ini akan terus berulang hingga ronde keenam seperti yang sudah dibahas di atas. Jika ronde keenam telah berakhir, masing-masing pemain akan menghitung total uang yang mereka miliki dan pemain dengan jumlah uang terbanyak resmi menjadi pemenang.

Setelah Bermain Chinatown

Chinatown (Board Game Geek)

Ada banyak faktor yang membuat Chinatown menjadi favorit circle Penulis. Alasan utamanya tentu saja, seperti yang sudah banyak disinggung di tulisan ini, adalah keseruan adu bacot antarpemain yang membuat interaksi dalam permainan sangat seru dan ricuh.

Penulis belum pernah memiliki board game dengan genre serupa sebelumnya, sehingga Chinatown berhasil menghadirkan nuansa yang segar. Ketika mencari rekomendasi board game negosiasi terbaik, ternyata Chinatown bertengger di posisi pertama.

Negosiasi yang terjadi dalam permainan sering dilakukan dengan ngotot karena cukup sulit untuk menemukan deal yang menyenangkan kedua belah pihak. Apalagi, proses negosiasi terjadi secara serentak, sehingga pemain boleh bernegosiasi dengan siapa pun dan kapan pun.

Kadang kala, negosiasi dilakukan dengan melakukan perjanjian verbal “jika kamu membantuku sekarang, maka nanti kamu akan aku bantu.” Tentu saja, terkadang ini bisa menjadi omong kosong karena ujung dari permainan ini adalah kemenangan pribadi.

Adanya konsep kartu bangunan dan token usaha berhasil membuat replaybility dari Chinatown sangat tinggi. Setiap game akan benar-benar berbeda karena apa yang kita dapatkan benar-benar acak dan tidak bisa diprediksi.

Oleh karena itu, Chinatown bisa dibilang juga mengandalkan keberuntungan, selain kemampuan untuk bernegosiasi. Strategi pemain memang tetap dibutuhkan untuk menang, tapi tetap saja kemenangan lebih dipengaruhi oleh kemampuan negosiasi dan keberuntungan kita.

Materialnya sendiri bisa dibilang standar saja, tidak ada yang istimewa. Material dari item-item-nya bahkan bisa dibilang rentan rusak jika dimainkan secara sembarangan. Ini terbukti dengan kualitas Chinatown yang Penulis mainkan di HD’R Comic Cafe.

Yang jelas, Chinatown menjadi salah satu board game Penulis yang paling sering dimainkan. Tingginya interaksi saat para pemain bernegosiasi dan tingginya replaybility menjadi kunci utama mengapa board game ini layak mendapatkan skor yang tinggi dari Penulis

Skor: 9/10

Setelah Chinatown, Penulis tertarik dengan satu board game yang bertema sejarah. Melihat gameplay-nya yang cukup mikir, Penulis yakin kalau board game ini tidak akan terlalu “laku” seperti Wingspan.

Namun, Penulis memutuskan untuk tetap membelinya karena belum pernah memiliki board game dengan tema sejarah. Board game tersebut adalah Trekking Through History.


Lawang, 15 Juli 2024, terinspirasi karena ingin melanjutkan seri board game ini

Continue Reading

Fanandi's Choice

Copyright © 2018 Whathefan