Connect with us

Anime & Komik

Dicintai Banyak Wanita Ala Anime

Published

on

Seperti yang sudah pernah penulis sampaikan pada tulisan Dikelilingi Wanita Ala Anime, seringkali karakter utama laki-laki pada anime bisa begitu bahagia dengan dikelilingi oleh banyak wanita.

Tidak hanya dikelilingi, bahkan dicintai (atau setidaknya ditaksir) oleh lebih dari satu dua wanita sekaligus. Di dunia nyata, hal seperti ini sangat jarang terjadi, kecuali kita memiliki “paket lengkap” yang membuat wanita banyak melirik kita.

Utopia dicinta banyak wanita ini kadang membuat penulis kesal, dan dengan seenaknya menuduh sang pembuat anime adalah jomblo akut yang menggunakan anime sebagai pelampiasan ketidaklakuannya.

Anime dengan pola seperti itu disebut sebagai anime harem. Jangan disamakan dengan ecchi yang memiliki unsur seksualitas tinggi. Harem pada dunia anime adalah suatu kondisi di mana sang karakter utama dicintai oleh banyak lawan jenis.

Dari beberapa anime yang sudah penulis tonton, terdapat beberapa yang bisa digolongkan sebagai anime harem. Minimal, karakter utama laki-laki pada anime berikut disukai oleh tiga orang.ย SPOILER ALERT!

Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru (3 Orang)

Ketika menonton season pertamanya, penulis tanpa ragu menjadikan anime ini sebagaiย anime terburukย yang pernah penulis tonton. Karakter utamanya menyebalkan dan ada indikasi bahwa dia menyukai sesama jenis, sesuatu yang membuat penulis juga tidak menyukai anime Baka to Test to Shoukanjuu.

Hachiman Hikigaya, sang karakter utama,ย sama sekali tidak menunjukkan ketertarikan pada dua wanita cantik yang sering bersamanya di klub relawan, yakniย Yukino Yukinoshita (tengah)ย danย Yui Yuigahamaย (kanan). Untunglah, padaย seasonย keduanya, apa yang penulis sangka tidak sepenuhnya benar.

Hachiman, yang pandai membaca pikiran orang dan suka menyelesaikan permasalahan dengan caranya sendiri, menunjukkan ketertarikan pada salah satu dari Yukino yang serius dan Yui yang ceria. Mereka berdua juga menyimpan perasaan untuk Hachiman

Selain mereka berdua, masih terdapat karakter Iroha Isshikiย (kiri), adik kelas Hachiman yang ingin menjadi ketua OSIS untuk meningkatkan popularitasnya. Karena kerap dibantu oleh Hachiman, ia juga terlihat sedikit menaksir Hachiman.

Walaupun sedikit merasa lega ketika mengetahui karakter utamanya masih normal, anime ini tetap penulis jadikan sebagai salah satu anime terburuk yang pernah penulis tonton. Hanya masalah selera kok.

Toradora (3 Orang)

Toradora adalah anime yang baru saja penulis tamatkan. Anime ini memiliki keunikan dan jalan cerita yang cukup menyenangkan untuk dinikmati. Setiap karakternya memiliki kepribadian yang kuat.

Toradora (BatchSensei)

Tokoh utama pada anime ini adalahย Ryuuji Takasu, seorang laki-laki berwajahย sangarย namun berhati lembut dan hobi mengerjakan pekerjaan rumah tangga.ย  Karena suatu peristiwa, ia menjadi dekat denganย Taiga Aisakaย (kiri)ย yang mungil namun bertenaga besar.

Ryuuji naksir kepada sahabat Taiga,ย Minori Kushieda (kanan) yang selalu ceria. Sebaliknya, Taiga suka kepada sahabat Ryuuji yang bernama Kitamura. Bahkan, Taiga telah menyatakan perasaannya kepada Kitamura, yang berakhir dengan penolakan.

Saling taksir tersebut membuat mereka berdua berusaha membantu satu sama lain, yang pada akhirnya justru membuat mereka jadi saling jatuh cinta. Hal itu menjadi miris karena sebenarnya Minori, yang disukai Ryuuji, sebenarnya juga menyukainya.

Selain mereka berdua, masih terdapat karakter bernamaย Ami Kawashimaย (kedua dari kanan) yang memilikiย dual personality. Dalam beberapa episode, terlihat bahwa Ami juga menyimpan perasaan untuk Ryuuji, walaupun tak pernah diungkapkan secara langsung.

Nisekoi (4 Orang)

Tiga orang sudah terlalu banyak? Belum, karenaย karakter utama laki-laki pada animeย Nisekoiย memiliki LIMA wanita yang mencintainya! Anime yang diangkat dari manga ini mampu membuat penontonnya penasaran, siapa yang akan menjadi pasanganย Raku Ichigo.

Nisekoi (Fuwa Fuwa Zone)

Cerita dari anime ini cukup menarik, di mana Raku merupakan anak dari seorang bos Yakuza. Suatu hari, ia bertemu dengan Chitoge Kirisakiย (kedua dari kiri) yang baru saja pindah ke sekolahnya. Mereka berkelahi karena Chitoge tanpa sengaja mendaratkan lututnya ke wajah Raku.

Ternyata, ayah dari Chitoge merupakan kepala mafia yang pindah ke Jepang. Demi menghentikan peperangan antara yakuza dan mafia, kedua pemimpin geng ini memutuskan untuk berpura-pura menjodohkan Raku dan Chitoge.

Padahal, Raku sudah menyukai seorang pemalu bernamaย Kosaki Onodera (kedua dari kanan). Kosaki sendiri sebenarnya juga menyukai Raku, akan tetapi sifat pemalunya menahan dirinya untuk mengungkapkan perasaannya.

Selain mereka berdua, masih terdapat pulaย Seishiro Tsugumiย (kiri),ย bodyguardย pribadi Kosaki yang memiliki ketertarikan terhadap kebaikan yang dimiliki oleh Raku.

Jangan lupakan jugaย Marika Tachibanaย (kanan)ย yang secara terang-terangan mendeklarasikan dirinya sebagai tunangan Raku. Di antara yang lain, Marika lah yang paling agresif dalam mendekati Raku.

Sebenarnya ada satu orang lagi yang menyukai Raku, hanya saja tidak ditampilkan pada versi animenya. Bahkan, adik Kosaki pun sempat terlihat memikirkan Raku walaupun ia berusaha mengusir perasaan tersebut karena merasa tidak ingin merebut Raku dari kakaknya,

Lantas, siapa yang pada akhirnya menjadi pasangan Raku? Penulis tidak ingin membocorkan jawabannya, hanya saja wanita yang terpilih itu berambut kuning.

Clannad (6 Orang)

Apakah anime Nisekoi bisa dianggap anime yang memilikiย haremย terbanyak? Salah, karena jumlah itu masih kalah denganย Clannadย yang di mana karakter utamanya memilikiย 6 wanitaย yang menyukai dirinya.

Penulis sudah banyak bercerita tentang Clannad hingga membaginya menjadi tiga tulisan. Jadi, buat yang penasaran bagaimana enam orang bisa mencintai satu pria yang sama, baca tulisan yang membahas Clannad secara khusus ya!

Penutup

Untuk orang yang menyukai ceritaย romanceย yang rumit, anime-anime di atas (kecuali yang pertama) merupakan rekomendasi dari penulis. Meskipun terkadang terlalu berputar-putar, kita akan dibuat penasaran siapa yang pada akhirnya dipilih oleh karakter utama.

Walaupun sulit untuk terjadi di dunia nyata, menonton anime denganย genreย seperti ini memberikan sensasi sendiri. Bahkan, bisa jadi obat untuk para jomblo yang bertebaran di luar sana (tidak termasuk penulis).

 

 

Kebayoran Lama, 19 Januari 2019, terinspirasi setelah menamatkan anime Toradora

Foto:ย GoodFon

Anime & Komik

Madara Uchiha Lebih Layak Jadi Final Villain di Naruto

Published

on

By

Meskipun sudah lama tamat dan memiliki sekuel, Naruto rupanya tetap populer hingga saat ini. Penulis sempat menuliskan artikel panjangnya di tempat kerja yang membahas alasan-alasan mengapa serial ini tetap relevan hingga kini.

Di media sosial seperti YouTube Shorts, Penulis kerap menemukan konten yang membahas mengenai Naruto, entah itu callback cerita-cerita lama, membahas teori-teori liar, hingga membedah chapter yang masih menimbulkan tanda tanya.

Bagi Penulis sendiri, hingga saat ini ada satu hal yang mengganjal dari serial ini, yakni bagaimana Madara Uchiha tidak menjadi final villain-nya. Masashi Kishimoto justru memunculkan karakter yang selama ini hampir tidak pernah disebut, yakni Kaguya ลŒtsutsuki.

Alasan Mengapa Madara Lebih Cocok Jadi Final Villain

Madara Uchiha Ketika Menjadi Jinchuriki Juubi (Reddit)

Bagi Penulis, salah satu yang membuat Naruto bagus adalah para villain-nya. Mulai dari Zabuza, Orochimaru, Gaara, Itachi, Akatsuki, Pain, hingga Obito, semua begitu membekas karena latar belakang maupun motifnya menjadi seorang villain.

Madara Uchiha juga salah satunya. Ia adalah villain yang cukup kompleks. Sebagai rival dari Hashirama Senju, tujuan utamanya sebenarnya adalah menciptakan perdamaian abadi melalui Mugen Tsuyokomi, ketika semua manusia berada di alam mimpi.

Untuk hal itu, ia berkali-kali selamat dari kematian, terutama dalam pertarungan melawan Hashirama. Ia hidup cukup lama hingga bisa memanipulasi Obito untuk mendirikan Akatsuki demi melancarkan rencana Mugen Tsuyokomi-nya.

Kemunculan Madara juga tidak mendadak begitu saja. Sebelum dibangkitkan kembali melalui Edo Tensei dari Kabuto, ia telah beberapa kali disebutkan dalam ceritanya (foreshadowing) sebelum kemunculan perdananya.

Kita bisa melihat patungnya bersama Hashirama Senju di Lembah Akhir di chapter 217. Kyuubi juga pernah menyebutkannya ketika Naruto menyerang markas Orochimaru demi menyelamatkan Sasuke di chapter 309.

Obito sewaktu masih bertopeng juga sempat mendeklarasikan diri sebagai Madara. Hal ini menjadi twist yang menarik setelah Madara yang asli muncul pertama kali, tentu dalam wujud Edo Sensei.

Oleh karena itu, efek plot twist-nya ketika ia menjadi dalang dari semua peristiwa di Naruto terasa masuk akal. Apalagi, ia telah berkali-kali aura farming sejak kemunculannya, dengan segala kemampuannya yang di luar nalar bahkan sebelum menjadi Jinchuriki Juubi!

Sayangnya, Madara justru menjadi “korban penipuan” dari Zetsu Hitam. Ternyata, semua rencananya selama ini telah diatur oleh mereka demi bisa membangkitkan kembali Kaguya ลŒtsutsuki.

Mari Kita Bandingkan dengan Kaguya ลŒtsutsuki

Tiba-Tiba Muncul, eh Kaget (Fandom)

Sekarang mari kita bandingkan Madara dengan final villain yang sesungguhnya, Kaguya ลŒtsutsuki. Dari motivasinya, Kaguya ingin seluruh chakra manusia di dunia kembali ke dirinya karena merasa bumi ini adalah miliknya.

Dari sisi motivasi, jelas ini lebih pure chaos dibandingkan motivasi “perdamaian” dari Madara. Kaguya sebenarnya adalah “alien” yang datang ke bumi, lalu menamam Pohon Dewa (Shinju) demi bisa memakan Buah Chakra secara ilegal. Dibandingkan dengan Madara, motivasi Kaguya ini jelas lebih egois.

Selain itu, Kaguya benar-benar baru disebutkan menjelang akhir cerita. Madara yang menyebutkan pertama kali ketika menjelaskan tentang Shinju di chapter 646. Namun, kemunculannya sendiri baru terjadi pada chapter 679.

Sebagai analogi, bayangkan Thanos yang telah di-tease sejak film pertama Avengers. Namun, di film Avengers: Infinity War, sewaktu Thanos hendak menjentikkan jarinya, tiba-tiba ia ditikam dari belakang oleh Doctor Doom dan mengatakan rencananya selama ini berhasil!

Oleh karena itu, Penulis sering berprasangka buruk kalau Kaguya dihadirkan hanya agar Naruto bisa dilanjutkan oleh Boruto. Seperti yang kita tahu, klan ลŒtsutsuki menjadi pusat konflik di sekuel tersebut.

Penutup

Penulis saat ini sedang mengoleksi ulang komik-komik Naruto versi Bind Up-nya. Saat artikel ini ditulis, Perang Dunia Ninja ke-4 baru saja dimulai. Penulis tak sabar ingin membaca ulang kisah Madara dan Kaguya ini, siapa tahu dulu ada detail yang terlewat.

Hanya saja, Penulis merasa kalau Madara tetap lebih layak menjadi final villain. Kalau memang klan ลŒtsutsuki mau menjadi musuh utama di Boruto, ya buat build up-nya di sana, jangan di Naruto.

Bayangkan saja Madara dengan kemampuan dewanya yang berhasil ia dapatkan harus bertarung dengan Naruto dan Sasuke. Bahkan, ia memang terlihat kalah dalam pertarungan tersebut, sebelum akhirnya malah dikhianati oleh Zetsu Hitam.

Seandainya tidak melawan Kagura, mungkin pertarungan terakhir antara Naruto dan Sasuke juga akan berlangsung lebih lama dan seru, bukan dalam kondisi kehabisan stamina dan chakra seperti yang kita dapatkan.

Yah, pada akhirnya kita harus tetap menerima keputusan Masashi Kishimoto. Walau agak ngedumel, Penulis tetap menjadikan Naruto sebagai salah satu komik favoritnya setelah Dragon Ball.


Lawang, 30 Agustus 2026, terinspirasi setelah merenungi kalau Madara Uchiha lebih cocok menjadi final villain daripada Kaguya.

Continue Reading

Anime & Komik

Saya Memutuskan untuk Mengoleksi Komik Detektif Conan Premium

Published

on

By

Setelah memutuskan untuk mengoleksi komik Dragon Ball Super dan Naruto Bind Up Edition, ternyata keinginan masa kecil untuk mengoleksi komik secara lengkap kembali bergelora.

Yang ingin Penulis kumpulkan bukan hanya komiknya secara fisik, tapi juga memori-memori masa kecil ketika membaca cerita-ceritanya secara lebih utuh. Ada banyak hal yang dulu tidak Penulis pahami, kini bisa jadi lebih dimengerti.

Selain Dragon Ball dan Naruto, Penulis juga besar dengan komik Detektif Conan. Bahkan, Penulis cukup banyak memiliki komiknya. Nah, Penulis sekarang memutuskan untuk mengoleksi lagi komiknya, tapi kali ini yang versi Premium.

Awalnya Cuma Beli Satu untuk Nostalgia, tapi…

Komik Detektif Conan Premium Vol. 21 (Gramedia)

Sama seperti Naruto, Penulis juga “lompat” dalam membaca cerita-cerita Detektif Conan. Kalau ingatan Penulis tidak keliru, maka volume pertama yang Penulis baca adalah Volume 41, di mana case pertama mempertemukan Yukiko (ibu Conan/Shinichi) dan Eri (ibu Ran).

Nah, waktu itu, kebetulan juga komik yang Penulis baca adalah versi bajakannya, karena waktu kecil Penulis belum benar-benar paham mana komik asli dan tidak. Untungnya, Penulis membeli versi asli untuk Volume 42.

Oleh karena itu, ketika akhirnya memutuskan untuk membeli komik Detektif Conan Premium, Penulis pun memutuskan untuk membeli Volume 21 karena mencakup cerita-cerita dari Volume 41 dan 42 di versi aslinya. Nostalgia menjadi alasan utamanya, yang akan Penulis jabarkan di poin berikutnya.

Penulis ingin mundur sebentar sebelum akhirnya membeli komik tersebut. Sebenarnya, keinginan untuk mengoleksi Detektif Conan Premium telah terbit sejak volume-volume awalnya rilis. Namun, waktu itu Penulis mengurungkan niatnya.

Ada beberapa alasan yang menahan Penulis untuk tidak membeli komik Detektif Conan Premium, seperti telah mengetahui sebagian besar ceritanya, tidak ada lagi tempat untuk menyimpan, hingga dorongan untuk berhemat.

Sebagai pelipur lara, Penulis sempat memutuskan untuk membeli komik Conan edisi Selection. Kebetulan, waktu itu Ai Haibara sebagai karakter favorit Penulis di serial ini memiliki edisi ini, bahkan hingga dua Volume. Ada juga beberapa judul Selection lain yang Penulis miliki.

    Hanya saja, meskipun sudah membeli seri Selection, dorongan untuk membeli Detektif Conan Premium masih begitu besar. Alhasil, kembali lagi ke atas, Penulis pun memutuskan untuk membeli Volume 21 sebagai awal.

    Vermouth vs. Jodie, Arc Favorit Penulis

    Vermouth (Fandom)

    Salah satu alasan mengapa Volume 41-42 begitu memorable bagi Penulis adalah adanya klimaks antara konflik yang berpusat pada agen FBI, Jodie Starling, dan Vermouth, salah satu anggota Organisasi Hitam yang memiliki seribu wajah.

    Waktu masih kecil, Penulis tentu masih belum benar-benar paham apa konflik di antara mereka selain yang diceritakan di dua volume tersebut. Yang Penulis tangkap, Vermouth menyamar sebagai Dokter Araide untuk bisa mengulik tentang Ai.

    Selain itu, ternyata Jodie memiliki sejarah panjang dengan Vermouth, karena ia adalah orang yang bertanggung jawab atas kematian ayahnya. Vermouth yang terlihat muda tersebut ternyata sebenarnya adalah aktris Sharon Vineyard yang memalsukan kematiannya sendiri.

    Di klimaks yang terjadi di dermaga, ternyata Ai yang dibawa oleh Jodie merupakan Conan yang menyamar. Sayangnya, rencananya buyar karena Ai yang asli datang menyusul menggunakan kacamata pencari jejak cadangan.

    Ai telah siap menyerahkan diri ke Vermouth demi menyelamatkan teman-temannya. Namun, tiba-tiba dari bagasi mobil Jodie, ada Ran yang langsung berlari dan melindungi Ai. Kejadian tersebut membuat Ai teringat oleh mendiang kakaknya, Akemi Miyano.

    Jodie terluka akibat ditembak Calvados, Conan pingsan karena jam biusnya sendiri, Ran diancam tembak oleh Vermouth. Di tengah kejadian tegang tersebut, tiba-tiba Shuichi Akai datang dari belakang! Sayang, Vermouth berhasil kabur dengan menyandera Conan.

    Bisa dilihat, rentetan kejadian yang menegangkan inilah yang membuat arc ini menjadi favorit Penulis hingga kini.

    Penutup

    Bagi Penulis yang pada dasarnya suka cerita detektif, Detektif Conan telah menemani Penulis sejak kecil dan hingga kini masih belum menunjukkan tanda-tanda akan tamat. Memang, ada banyak sekali hal yang bikin geleng-geleng kepala, seperti:

    • Trik pembunuhan yang terasa ribet dan tidak masuk akal
    • Motif pembunuhan yang “gitu doang?”
    • Timeline yang tidak jelas seolah tidak maju-maju
    • Inkonsistensi teknologi, di awal-awal teknologinya teknologi akhir 90-an atau awal 2000-an, sekarang malah pakai smartphone (dan Conan tetap saja kelas 1 SD!)
    • Karakter yang terus bertambah, dan setiap ada yang baru, langsung muncul tiga orang untuk membiarkan Pembaca menebak-nebak siapa yang baik siapa yang jahat

    Terlepas dari sederet kekurangannya, Penulis tetap menyukai Detektif Conan, sehingga memutuskan untuk membeli versi premiumnya. Hingga artikel ini ditulis, Penulis telah memiliki Volume 14 hingga 33.

    Karena berangkatnya dari volume 21, Penulis membeli volume lainnya “maju dan mundur” secara urut. Jujur ada kekhawatiran Penulis akan kesulitan menemukan volume-volume awal, tapi biarlah, anggap saja sebagai “perburuan” harta karun.

    Dengan demikian, saat ini ada lima seri komik yang sedang Penulis koleksi, yakni Naruto, Detektif Conan, Spy x Family, Dragon Ball Super, dan Dragon Ball Ultimate Edition. Apakah di masa depan daftar ini akan bertambah? Entahlah.


    Lawang, 4 Agustus 2026, terinspirasi setelah melihat koleksi komik Detektif Conan-nya

    Continue Reading

    Anime & Komik

    Ai Haibara adalah Karakter Favorit Saya di Detective Conan

    Published

    on

    By

    Sejak kecil, Penulis suka membaca komik, baik itu komik Jepang maupun Barat. Seperti yang sudah sering dibahas pada blog ini, favorit Penulis adalah Dragon Ball dan Naruto. Bahkan, sekarang Penulis kembali mengoleksi komik-komik tersebut.

    Selain genre shounen, salah satu komik lain yang suka Penulis baca adalah Detective Conan. Sejak kecil, sudah banyak komiknya yang Penulis baca walaupun tidak yakin pernah membaca semuanya, mengingat hingga kini serinya masih berjalan hingga lebih dari 1.000 chapter.

    Ketika komik Detective Conan merilis versi premiumnya, Penulis sempat terpikirkan untuk kembali mengoleksinya, mengingat koleksi Detective Conan Penulis banyak yang hilang dan rusak. Namun, wacana tersebut terganjal budget karena harga per komiknya cukup mahal.

    Detective Conan Ai Haibara Selection

    “Jalan tengah” muncul ketika Penulis berencana untuk membeli komik Naruto Bind Up Edition Vol. 1. Saat hendak mengambil komik tersebut, mata Penulis menemukan komik spesial Detective Conan Ai Haibara Selection.

    Mengingat Ai Haibara merupakan salah satu karakter favorit Penulis di serial Detective Conan, Penulis pun memutuskan untuk membelinya. Apalagi, beberapa bulan setelah membeli volume pertamanya, volume keduanya juga rilis.

    Jika di volume pertama lebih membahas perjalanan Ai Haibara sejak pertemuan pertama hingga memanasnya konflik dengan Organisasi Hitam, maka di volume kedua ini lebih membahas hubungan dan petualangan Ai dengan Kelompok Detektif Cilik.

    Di kedua komik edisi spesial ini, selalu dilampirkan fakta-fakta seputar Ai secara ringkas, tapi menyeluruh. Hal ini sangat membantu Penulis untuk lebih mengenal karakter yang juga mengecil karena obat APTX 4869 ini.

    Untuk kisahnya sendiri, sesuai judulnya, merupakan pilihan editor. Tentu saja cerita yang dipilih melibatkan Ai Haibara cukup banyak, bahkan terkadang ia seolah menggeser Conan Edogawa sebagai tokoh utamanya.

    Karena sudah banyak membaca komik Detective Conan, mayoritas cerita yang ada di komik ini sudah pernah Penulis baca sebelumnya. Namun, justru hal tersebut menimbulkan efek nostalgia yang menyenangkan, karena memang sudah cukup lama Penulis tidak membacanya.

    Sayangnya, ada beberapa arc yang cukup melibatkan Ai, tapi tidak disajikan secara lengkap. Contohnya adalah arc ketika Conan pertama kali dengan Vermouth, yang sejujurnya tetap menjadi salah satu cerita favorit Penulis di keseluruhan serinya.

    Selain itu, Penulis juga masih menantikan cerita The Jet-Black Mystery Train yang hingga dua volume ini masih belum diperlihatkan. Bahkan di volume dua, cerita ini hanya di-mention singkat tanpa ada kisah utuhnya.

    Penulis berharap jika ada Detective Conan Ai Haibara Selection volume tiga, kisah tersebut akan dimunculkan. Untuk sekarang, Penulis cukup puas dengan dua komik yang merangkum kisah Ai Haibara ini.

    Mengapa Suka Ai Haibara?

    Ai Haibara (Fandom)

    Ada banyak hal yang membuat Penulis memfavoritkan karakter Ai Haibara, yang nama aslinya adalah Akemi Miyano. Pertama, mari kita bahas terlebih dahulu dengan masa lalunya yang cukup kelam dan misterius.

    Ai awalnya merupakan ilmuwan yang bekerja untuk Organisasi Hitam, menggantikan peran orang tuanya yang juga ilmuwan, Atsuhi dan Elena Miyano, yang tewas karena “kecelakaan”. Selama di organisasi, ia memiliki codename Sherry.

    Ai juga memiliki seorang kakak perempuan bernama Akemi Miyano, yang tewas di awal-awal cerita di tangan Gin. Conan sempat bertemu dengan Akemi di awal-awal cerita seri, tetapi ketika itu ia belum mengetahui hubungannya dengan Ai.

    Kematian seluruh anggota keluarganya inilah yang memicu Ai untuk kabur dari organisasi, dengan menelan pil APTX 4869 seperti Conan. Sejak itu, ia harus hidup sebagai anak kecil dan menghadapi berbagai petualangan dengan Conan dan kawan-kawan.

    Latar belakangnya yang seperti itu mungkin membuat Ai menjadi sosok yang bermulut tajam, cenderung dingin, dan sinis. Namun, ia juga seseorang yang dewasa dan mampu berpikiran tenang. Saat tidak ada Conan, kemampuan analisis Ai bisa cukup diandalkan.

    Ai juga memiliki kemampuan yang cukup unik, yakni bisa merasakan hawa keberadaan anggota Organisasi Hitam. Kemampuan ini sangat berguna jika ada anggota organisasi yang menyamar, mengingat mereka memiliki Vermouth yang memang ahli di sana.

    Walaupun begitu, Ai juga memiliki sisi manis yang jarang terungkap. Ia bisa menjadi fangirl yang sangat bucin ke pemain sepak bola Ryusuke Higo. Terkadang ia juga menunjukkan sisi pedulinya kepada para anggota Detektif Cilik, terutama dalam keadaan genting.

    Di sisi lain, Conan juga sering menunjukkan kekhawatiran apabila tiba-tiba Ai menghilang, terutama khawatir jika Ai diculik oleh Organisasi Hitam. Jika Ai dalam keadaan genting, Conan pasti akan mati-matian menyelamatkannya, seperti yang terlihat pada film The Iron Submarine.

    Kurang lebih itulah yang membuat Penulis memfavoritkan karakter Ai Haibara di serial Detective Conan, melebihi karakter-karakter menarik lainnya. Semoga saja di masa depan, akan lebih banyak hal lagi yang terungkap seputar dirinya.


    Lawang, 26 November 2024, terinspirasi setelah membaca dua komik spesial Detective Conan yang khusus membahas Ai Haibara

    Foto Featured Image: Alpha Coders

    Continue Reading

    Fanandi's Choice

    Blog ini milik Fanandi Prima Ratriansyah sejak 2018