Digantung Ala Anime (Bagian 1)

Beberapa anime diangkat dari manga, sama seperti beberapa film yang diangkat dari novel bestseller. Tentu tidak ada masalah, selama animenya bisa menceritakan sebagaimana yang terjadi di manganya.

Contoh anime terkenal yang diangkat dari manga adalah Dragon Ball, Naruto, One Piece, hingga Detective Conan. Untuk dua judul pertama telah tamat, sedangkan dua judul terakhir belum ada titik terang kapan tamatnya.

Walaupun begitu, tidak semua anime yang diangkat dari manga bisa tamat. Ada beberapa judul yang membuat penulis merasa digantung sehingga harus membaca manganya agar tahu bagaimana akhir cerita sesungguhnya.

Genre yang sering seperti ini adalah anime romance, walaupun ada anime slice of life yang juga seperti itu.

Ao Haru Ride

Ao Haru Ride (The Geek Lyfe)

Yang pertama adalah anime Ao Haru Ride yang baru saja penulis tamatkan. Anime ini bergenre comedy romance dengan tokoh utama seorang perempuan bernama Futaba Yoshioka.

Ceritanya, Futaba menyukai teman laki-lakinya, Kou Tanaka, ketika SMP. Suatu ketika, mereka berdua membuat janji untuk bertemu sebuah taman. Sayang, Kou tak pernah datang dan semenjak itu mereka tidak pernah bertemu lagi.

Lalu terjadi time jump di mana Futaba telah menjadi murid SMA. Ia mengubah image-nya yang feminim menjadi urakan. Alasannya, agar ia tidak dianggap sok imut dan memiliki punya teman perempuan.

Tanpa sengaja, di sekolah ia melihat Kou yang ternyata telah mengubah nama keluarganya menjadi Mabuchi karena alasan keluarga. Kou yang dikenal oleh Futaba dulu telah berubah drastis.

Anime ini memiliki cerita yang memikat dan tidak melulu membahas persoalan cinta. Penulis pribadi menyukai permasalahan keluarga yang membuat Kou harus menjadi pemuda yang acuh terhadap sekitarnya.

Kasus dua orang sahabat menyukai orang yang sama juga terjadi di sini, ketika sahabat Futaba, Yuri Makita, juga menyukai Kou. Walaupun begitu, mereka justru memutuskan untuk bersaing dengan sehat demi mendapatkan Kou.

Yang tidak kalah unik adalah teman Futaba lainnya, Shuko Murao, jatuh cinta kepada gurunya yang merupakan kakak kandung Kou.

Sayangnya, akhir dari anime ini sangat menggantung. Tidak jelas apakah Futaba dan Kou akhirnya merajut hubungan romantis. Sewaktu penulis cek di internet, ternyata manganya masih berlanjut.

Ketika sedang berjalan-jalan di Paperclip Gandaria, penulis menemukan komiknya volume 6 sampai 13. Tanpa berpikir panjang, penulis langsung memborong semuanya agar mengetahui bagaimana akhirnya.

Menurut penulis, cerita lanjutannya terlalu berputar-putar, di mana Kou dan Futaba berpacaran dengan orang lain dulu sebelum akhirnya resmi menjadi pasangan kekasih.

Barakamon

Barakamon (Anime-Planet)

Anime komedi yang satu ini merupakan salah satu favorit penulis, terutama karena karakter Naru yang menggemaskan. Barakamon merupakan sebuah anime dengan tokoh utama seorang ahli kaligrafi bernama Seishuu Handa.

Handa “dibuang” oleh ayahnya (yang juga merupakan seorang ahli kaligrafi) ke sebuah desa di pulau terpencil setelah melakukan kesalahan fatal dengan menonjok seorang juri kaligrafi.

Walaupun awalnya ia merasa tidak betah di sana karena kelakukan warganya yang aneh-aneh, pada akhirnya ia justru merasa telah menjadi bagian dari desa tersebut. Hal itu tak lepas dari kehadiran Naru dan kawan-kawan.

Di animenya, Barakamon berakhir setelah Handa kalah mengikuti lomba. Ketika mencari-cari di toko buku, ternyata ada lanjutannya dan sedang on going.

Maka, penulis mengikuti kelanjutan Barakamon melalui komik yang baru saja tamat pada volume 18 kemarin. Di komik, ternyata Handa memutuskan untuk membuka kelas kaligrafi di desa tersebut.

Ceritanya sendiri cenderung slice of life sehingga penulis memang tidak berharap akan ada akhir yang menakjubkan. Akan tetapi, sangat menyenangkan mengikuti cerita Barakamon.

Bokura wa Minna Kawaisou

Bokura wa Minna Kawaisou (Jurnal Otaku)

Pada tulisan Di Balik Wanita Tanpa Ekspresi, penulis sudah menyinggung sedikit anime ini karena karakter utama wanitanya, Ritsu Kawai, adalah tipe wanita yang pendiam tapi menggemaskan.

Anime ini disarankan oleh teman kuliah penulis dan bercerita tentang sebuah kos-kosan campur yang penghuninya unik-unik (harus seperti itu agar ada ceritanya).

Karakter utama dari anime ini, Karazuka Usa, pindah ke tempat ini karena suatu alasan. Ternyata, ia akan tinggal satu atap dengan Ritsu, kakak kelasnya, yang ia taksir semenjak melihatnya di perpustakaan.

Penulis tidak ingat bagaimana akhir dari animenya, tapi sewaktu penulis cek di internet, anime ini ternyata diangkat dari manga dan masih on going.

Hanya saja, penulis tidak terlalu minat untuk membacanya karena kurang terkesan dengan animenya. Yang penulis tahu, pada akhirnya Ritsu dan Usa akhirnya jadian, meskipun setelah lulus SMA Ritsu harus keluar dari kos-kosan karena bekerja.

Masih Ada Lagi…

Setidaknya masih ada tiga anime lagi yang memiliki akhir menggantung. Semua bergenre romance yang cukup membuat baper. Karena tulisan kali ini sudah cukup panjang, maka penulis memutuskan untuk membuat bagian keduanya.

 

 

Kebayoran Lama, 3 Juni 2019, terinspirasi setelah menamatkan anime dan manga Masamune-kun no Revenge

Foto: Anime-Planet