Digantung Ala Anime (Bagian 2)

Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya, yang membahas anime-anime (agak) menyebalkan karena akhirnya yang menggantung.

Pada tulisan ini, terdapat setidaknya tiga anime yang bergenre comedy-romance yang termasuk ke dalam kategori tersebut. SPOILER ALERT!

Masamune-kun no Revenge

Masamune-kun no Revenge (Drivenime)Anime ini merupakan inspirasi penulis untuk membuat tulisan ini. Masamune-kun no Revenge merupakan anime tentang balas dendam seorang laki-laki yang dicampakkan seorang wanita karena bentuk tubuhnya yang gendut di masa kecilnya.

Karakter utama bernama Masamune Makabe, sedangkan karakter wanita yang membuat Makabe ingin balas dendam adalah Aki Adagaki. Makabe rajin berolahraga sehingga perut tambunnya bisa dihilangkan.

Adagaki terkenal sebagai perempuan yang kejam ketika menolak pernyataan cinta yang ditujukan kepadanya. Bagaimana cara Makabe balas dendam? Dengan cara membuat Adagaki jatuh cinta kepadanya.

Oleh karena itu, Makabe berusaha tebar pesona kepadanya. Lantas, muncullah karakter-karakter lain seperti Neko Fujimiya yang cukup agresif mendekati Makabe karena mereka pernah bertemu di masa lalu.

Akhir dari animenya sama sekali tidak jelas. Sama sekali tidak ada petunjuk apakah Makabe berhasil balas dendam atau Adagaki yang mulai menaruh hati kepadanya.

Oleh karena itu, penulis mencoba untuk mencari komiknya di internet dan ketemu. Siapa yang menyangka, anime ini ternyata penuh dengan plot twist yang mengejutkan.

Yang paling membuat kaget adalah kenyataan bahwa Adagaki tidak pernah menghina Makabe di masa lalu. Mereka berdua adalah teman baik, mengapa Adagaki tega melakukan hal itu?

Ternyata, yang melakukan hal ini adalah Yoshino Koiwai, pelayan Adagaki yang menyamar sebagai Adagaki. Ia ternyata menyimpan perasaan kepada Makabe (iya, ini termasuk anime harem).

Pada akhirnya, setelah melalui berbagai drama, Makabe dan Adagaki menjadi sepasang kekasih.

Nijiiro Days

Nijiiro Days (YouTube)

Selanjutnya ada anime Nijiiro Days atau dalam bahasa Inggrisnya disebut sebagai Rainbow Days. Anime ini bergenre comedy, slice of life, dan romance yang berpusat pada empat orang sahabat.

Mereka adalah Natsuki HashibaKeiichi KatakuraTomoya Matusnaga, dan Tsuyosho Naoe. Masing-masing memiliki kisah cintanya masing-masing yang disajikan cukup manis.

Karakter utamanya adalah Hashiba, yang naksir kepada Anna Kobayakawa, seorang perempuan pendiam dan pintar. Ia memiliki seorang teman bernama Mari Tsutsui yang sangat protektif kepada Kobayakawa.

Di animenya, kita bisa melihat bagaimana perjuangan Hashiba berusaha merebut hati Kobayakawa yang polos. Hanya saja, akhir anime ini juga menggantung, di mana Kobayakawa sadar bahwa dirinya juga menyukai Hashiba.

Penulis tidak menemukan komik versi digitalnya, sehingga memutuskan untuk membeli versi fisiknya yang untungnya ada dan masih on going hingga episode terakhirnya pada volume 15.

Di komik, pada akhirnya Hashiba yang juga pemalu berhasil mengungkapkan perasaaannya kepada Kobayakawa, yang diterima dan mereka resmi menjadi pasangan. Melihat mereka berdua yang sama-sama canggung membuat penulis tersenyum sendiri.

Bagaimana dengan yang lain? Banyak juga bagian penting yang tidak ditunjukkan di versi animenya. Contohnya adalah kisah cinta adik perempuan Matsunaga yang menyukai Katakura, seorang pria masokis.

Lalu, kisah romantis lainnya adalah antara Matsunaga sendiri dengan teman Kobayakawa, Tsutsui. Mereka pada akhirnya menjadi pasangan, walaupun sering terjadi hal kocak.

Bagaimana dengan Naoe? Ia yang kutu buku dan hobi bermain game sejak awal telah memiliki kekasih bernama Yukiko Asai. Mereka berdua termasuk pasangan akur yang cocok satu sama lain, bahkan hingga komiknya tamat.

Nisekoi

Nisekoi (www.duniaku.net)

Anime terakhir yang memiliki akhir menggantung adalah Nisekoi. Anime harem yang satu ini cukup populer dan memiliki dua season. Karakter-karakternya yang manis mungkin menjadi salah satu alasannya.

Penulis pernah bercerita sedikit tentang anime ini pada tulisan Dicintai Banyak Wanita Ala Anime, sehingga penulis hanya akan fokus pada topik anime dan komiknya.

Di animenya, karakter utama Raku Ichijo belum jelas akhirnya berpasangan dengan siapa. Apakah Chitoge KirisakiKosaki Onodera, Marika Tachibana, atau bahkan karakter lainnya?

Komiknya sendiri termasuk panjang hingga 200 chapter lebih. Penulis butuh waktu berjam-jam untuk menamatkan komiknya. Apalagi, banyak adegan tidak penting yang tidak terlalu berpengaruh kepada keseluruhan cerita.

Yang jelas, semua misteri yang ada di animenya terjawab di komiknya. Kalau pembaca pernah menonton anime ini, tentu paham bahwa misteri terbesar adalah siapa pemegang kunci untuk membuka kalung yang tergantung di leher Ichijo.

Jawabannya adalah milik Onodera. Mereka berdua telah saling jatuh cinta sejak kecil. Oh iya, semua karakter inti yang muncul di anime ini merupakan teman masa kecil.

Lantas, apakah Ichijo akhirnya berpasangan dengan Onodera? Ternyata tidak. Ia lebih memilih Kirisaki! Penulis sudah menduga ending-nya seperti ini, namun masih merasa sedikit kesal.

Penutup

Tentu ada alasan mengapa ada anime-anime yang sudah penulis sebutkan harus tamat sebelum cerita aslinya berakhir. Penulis tidak tahu, walau ada beberapa tebakan seperti masalah kontrak.

Sebenarnya hal ini tidak terlalu masalah, mengingat bahwa sebenarnya penulis lebih suka membaca komik daripada menonton anime. Bahkan, penulis tidak pernah menonton anime Naruto, hanya membaca komiknya saja.

Dengan hadirnya anime-anime seperti ini, penulis jadi memiliki alasan untuk mulai mengumpulkan komik lagi, aktivitas yang dulu sering sekali penulis lakukan.

 

 

Kebayoran Lama, 3 Juni 2019, terinspirasi setelah menamatkan anime dan manga Masamune-kun no Revenge

Foto: Drivenime