Setelah Membaca Listopia Space

Big Bad Wolf merupakan salah satu ajang pameran buku yang Penulis rutin kunjungi setiap tahun. Hingga saat ini, Penulis sudah empat kali ke sana. Tiga kali di Surabaya, satu kali di Tangerang.

Kalau kata teman kantor Penulis, buku yang dijual pada ajang ini selalu itu-itu saja. Pernyataan ini memang benar, akan tetapi justru membawa keuntungan tersendiri bagi Penulis.

Bagaimana bisa? Dengan stok buku yang sama, Penulis bisa membeli buku yang dulu tak terbeli. Contohnya adalah Listopia Space yang satu ini.

Penulis pertama kali menemukannya di tahun 2016 atau 2017. Ketika itu, Penulis memutuskan untuk tidak membelinya karena lebih memilih buku bertemakan luar angkasa yang lain.

Untunglah pada tahun 2019 kemarin, akhirnya Penulis bisa membeli buku imut ini yang tamat hanya dalam waktu 2 jam saja.

Apa Isi Buku Ini?

Buku berbahasa Inggris ini memiliki subjudul 50 Fascinating Top 10 Lists! yang artinya isinya adalah seputar 10 fakta menarik seputar luar angkasa.

Ketika melakukan pengecekan di daftar isi, memang ada 50 fakta berbentuk daftar, masing-masing berisikan 10 benda atau makhluk ataupun lainnya.

Hanya saja, tidak ada pengategorian khusus yang membagi tiap-tiap daftar untuk lebih mempermudah navigasi. Bagi Penulis, akan lebih baik jika ada pembagian seperti fakta tentang planet, bintang, astronot, dan lain sebagainya.

Walaupun begitu, daftar fakta di buku ini seolah diurutkan sesuai dengan kategorinya. Pada bab-bab awal, kita akan mengetahui fakta-fakta seputar sistem tata surya kita.

Selanjutnya, ada beberapa fakta mengenai usaha manusia dalam mengeksplorasi alam semesta. Bagian ini, bagi Penulis, tidak begitu menarik.

Baru lah setelahnya dibahas mengenai obyek-obyek yang ada di luar sistem tata surya kita, seperti bintang terdekat ataupun galaksi teraneh yang ada.

Karena bentuknya yang seperti kumpulan fakta, tidak banyak yang bisa Penulis ceritakan dari buku ini.

Setelah Membaca Listopia Space

Seharusnya, buku-buku semacam ini dinikmati oleh anak-anak karena berisikan banyak gambar yang menarik dan teks yang tidak terlalu banyak. Karena keterbatasan kemampuan bahasa Inggris, Penulis lebih menyukai buku seperti itu agar bisa mencernanya dengan mudah.

Sebagai buku yang full color, aroma dari buku ini sangat enak untuk dinikmati bagi kaum penyuka bau buku seperti Penulis. Fakta tersebut menjadi salah satu alasan mengapa buku ini layak dikoleksi.

Bahasanya juga tidak ada yang berat, mengingat target pasar buku ini diperuntukkan untuk anak kecil. Setiap fakta atau bagian akan menghabiskan dua hingga empat halaman saja.

Penulis menyayangkan tidak semua daftar di buku ini dilengkapi dengan ilustrasi. Hanya beberapa yang dianggap penting saja sehingga yang tidak dilengkapi dengan ilustrasi akan membuat kita berimajinasi.

Yang jelas, buku ini akan menambah wawasan bagi kita. Penulis merekomendasikan buku ini bagi para astrophilia seperti Penulis entah untuk menambah koleksi, hiburan, ataupun ingin mencari sesuatu yang baru.

Nilainya: 4.0/5.0

 

 

Kebayoran Lama, 1 Februari 2020, terinspirasi setelah membaca buku Listopia Space karya Mike Goldsmith