Biografi Singkat Napoleon Pada Misteri Napoleon

Meskipun terkenal sebagai seorang diktaktor yang kejam, entah mengapa penulis sangat suka membaca buku tentang Napoleon Bonaparte. Bahkan, tokoh utama di novel penulis bernama Napoleon.

Mungkin, karena waktu kecil sudah sering membaca komik biografinya. Di komik tersebut, kekejaman Napoleon tidak terlalu digambarkan secara mendetail.

Di komik tersebut, Napoleon digambarkan sebagai seorang pemimpin yang baik (walau gemar berperang), mengutamakan tentara dan rakyatnya, bahkan sempat menolak ketika ditunjuk sebagai kaisar. Penulis merasa ada fakta yang salah.

Oleh karena itu, waktu berjalan-jalan di Gramedia Pondok Indah Mall, penulis tanpa berpikir panjang langsung mengambil buku berjudul Misteri Napoleon karangan Jean Rocher ini.

Apa Isi Buku Ini?

Seperti yang tertera pada judul, buku ini menjelaskan perjalanan sosok Napoleon Bonaparte secara ringkas, mulai dari ia lahir di pulai kecil bernama Corsica sampai pembuangannya terkahir di pulau Saint Helena.

Buku ini terbagi menjadi lima bab, yakni:

  • Bagian Satu, Pekerja Keras dan Ambisius (1769-1793)

Pada bagian ini, kita akan membaca awal mula bagaimana seorang Napoleon bisa menjadi penguasa Eropa. Terlahir di pulau kecil Corsica, ia sering dirundung kawan satu akademi militer karena logat bicaranya yang aneh.

Napoleon bukanlah murid yang cemerlang. Ia bukan orang yang menduduki peringkat pertama di akademi. Walaupun begitu, ia memang seorang ahli taktik yang jenius.

Banyak peperangan yang ia menangkan di awal karir militernya, walaupun ekspedisi Mesirnya menjadi kekalahan pertamanya.

  • Bagian Dua, Naik ke Tampuk Kekuasaan (1799-1804)

Berkat banyaknya kemenangan yang ia raih, popularitas Napoleon melonjak drastis di mata rakyat Prancis. Ia dianggap sebagai orang yang tepat untuk memimpin bangsa sejak revolusi Prancis yang bergulir mulai tahun 1989.

Setelah beberapa sistem dianggap gagal dalam mengelola negara, akhirnya Napoleon mendaulat dirinya sendiri sebagai kaisar Prancis, bukan raja maupun presiden.

Di rentang waktu inilah, ambisi Napoleon untuk menguasai seluruh Eropa dimulai.

  • Bagian Tiga, Master Perang (1805-1809)

Pada periode ini, Napoleon banyak sekali meraih kemenangan di berbagai wilayah. Hal ini membuat banyak negara seperti Rusia terpaksa menandatangani perjanjian damai agar wilayahnya tidak diinvasi.

Bisa dibilang, Napoleon berhasil menguasai hampir seluruh daratan Eropa kecuali wilayah Balkan, Rusia, dan Skandinavia. Akan tetapi, kejayaan tersebut tidak berlangsung terlalu lama.

  • Bagian Empat, Spiral Kegagalan dan Kejatuhan yang Spektakuler (1808-1815)

Sepandai-pandainya tupai melompat, akhirnya akan jatuh juga. Itulah yang terjadi pada Napoleon. Setelah rentetan kemenangan, ia harus mengalami beberapa kekalahan yang pahit.

Pertama adalah kekalahan dari pemberontak Spanyol, di mana Napoleon menempatkan kakaknya, Joseph, sebagai raja di wilayah tersebut.

Napoleon memang melakukan nepotisme demi melanggengkan kekuasannya. Buktinya, ia menempatkan adiknya, Louis, sebagai raja di Belanda.

Tapi, kekalahan terburuk adalah perang melawan Rusia yang menjadi kekalahan terburuk Napoleon sepanjang karirnya. Setelah itu, ia dibuang ke pulau Elba, dekat Italia.

Pembuangan Napoleon tidak lama. Ia kembali satu tahun kemudian dan memimpin Prancis pada peperangan terakhirnya di Waterloo.

  • Bagian Lima, Legenda Abadi (1815-1821)

Peperangan di Waterloo menghasilkan kekalahan terakhir, dan kali ini Napoleon dibuang lebih jauh, ke pulau Saint Helena yang terletak di Samudera Atlantik. Ia tinggal di sana hingga menghembuskan napas terakhirnya.

Kesimpulan

Buku ini ditulis dengan gaya bahasa akademis yang tidak terlalu berat. Penulis bisa memahami buku ini karena telah membaca komik biografinya di masa kecil.

Yang tidak penulis pahami adalah pemilihan judul. Jujur, penulis tidak menemukan misteri apa yang diungkap oleh Rocher selaku penulis buku ini. Bagi penulis, informasi yang dipaparkan sudah menjadi rahasia umum

Ditulis secara kronologis, buku ini mungkin akan membuat bingung karena banyak sekali nama tokoh yang muncul. Selain itu, banyak sekali tanda […] yang penulis sendiri tidak tahu apa maknanya.

Kalau pembaca sekalian suka sejarah dan ingin mengetahui tentang sosok Napoleon Bonaparte, penulis merekomendasikan buku ini karena cocok dijadikan sebagai awalan untuk mempelajari sang kaisar Prancis tersebut.

Nilainya: 3.8/5.0

 

 

Kebayorang Lama, 12 Mei 2019, terinspirasi setelah menamatkan buku Misteri Napoleon karya Jean Rocher